kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub Budi Karya Tengah Bahagia Soal LRT Jabodebek, Ini Alasannya


Senin, 31 Juli 2023 / 05:50 WIB
Menhub Budi Karya Tengah Bahagia Soal LRT Jabodebek, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Pada Sabtu (29/7/2023) lalu, Budi Karya kembali mengecek langsung proses pengujian LRT Jabodebek. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

UJI COBA LRT JABODEBEK - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah berbahagia. Pada Sabtu (29/7/2023) lalu, Budi Karya kembali mengecek langsung proses pengujian LRT Jabodebek. 

Ia mengikuti uji coba LRT Jabodetabek mulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Harjamukti, Depok, lalu ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur. Menurutnya, laju kereta sudah lebih halus dan lebih nyaman. 

"Saya bahagia bahwa kini sudah semakin baik dibandingkan pengujian sebelumnya. Saya minta kepada operator, jika ada kelemahan agar segera diperbaiki dan ditingkatkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/7/2023). 

Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya ingin memastikan aspek keselamatan telah terpenuhi sebelum nantinya LRT Jabodebek mulai beroperasi secara komersial. 

Rencananya, LRT Jabodebek akan diresmikan pada 18 Agustus 2023 mendatang. 

Dia menuturkan, uji coba LRT Jabodebek pun dilakukan dalam tiga tahap. 

Baca Juga: Kemenhub Apresiasi Hasil Survei Kepuasan Kinerja Sektor Transportasi Capai 88,2%

Pertama, yaitu dengan pengoperasian semua kereta LRT, untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan terpenuhi di semua kereta yang akan dioperasikan. 

Tahap kedua, pengoperasian kereta dengan jumlah penumpang maksimal. Uji coba ini sekaligus untuk memastikan pelayanan penumpang serta tingkat kenyamanan penumpang. 

Serta tahap ketiga dilakukan uji coba dengan headway ketat dan rute pulang-pergi (PP). 

"Uji coba ini kita lakukan hingga lima hari sebelum 18 Agustus, sehingga dapat segera kita laporkan kepada Presiden," ucapnya. 

Baca Juga: Prospek Properti di Area Timur Jakarta, Jelang Beroperasinya LRT Jabodebek dan KCJB

"Jika pengujian berjalan lancar, operasional LRT Jabodebek secara komersial dapat dilakukan saat kita merayakan ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia,” lanjut Budi Karya. 

Selain menjajal LRT, Menhub juga mengunjungi Gedung Operation Control Center (OCC) LRT Jabodebek dan memberikan pengarahan serta motivasi kepada para petugas, mulai dari train attendant, petugas OCC, sampai kepala Stasiun LRT Jabodebek. 

Budi Karya juga mempersilahkan para petugas untuk menyampaikan aspirasinya untuk menjadi bahan masukan dan evaluasi. 

"Ketika kereta ini sudah berjalan, maka kita tidak bisa berhenti atau mundur lagi. Kalau ada masalah pasti akan banyak keluhan dari masyarakat. Untuk itu, kita harus pastikan dengan quality control dan tingkat keselamatan yang baik," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uji Coba LRT Jabodebek, Menhub: Saya Bahagia, Kini Semakin Baik"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×