kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menimbang rumah murah program pemerintah


Selasa, 30 Mei 2017 / 15:48 WIB
Menimbang rumah murah program pemerintah


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Apa itu perumahan murah untuk rakyat kecil? Latar belakangnya karena rumah menjadi kebutuhan masyarakat namun tidak semua mampu membelinya. Harga jual rumah yang hampir tiap tahun selalu naik, sementara pendapatan masyarakat berpenghasilan rendah tidak mampu menjangkaunya, memunculkan program rumah murah untuk rakyat kecil dari pemerintah. 

Meskipun ada yang menjual dengan sistem pembayaran mencicil, tetapi bunga kreditnya cukup tinggi. Harga rumah tipe sedang yang dibanderol dengan harga Rp 200 jutaan bisa dilunasi secara kredit selama puluhan tahun. Apakah Anda ingin seumur hidup selalu berutang kepada bank? Tentu saja tidak. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk memilih program dari pemerintah terkait pemilikan rumah pribadi ini.

Pemerintah memang sudah membantu dengan beberapa program dengan target masyarakat berpenghasilan rendah atau pas-pasan. Kelompok masyarakat seperti inilah yang memang pantas dibantu karena belum mampu membeli rumah permanen.

Dengan bantuan dari pemerintah, Anda pun bisa segera memiliki rumah pribadi dengan lebih mudah dan murah. Meskipun tipe atau ukuran rumahnya cukup sederhana dan hanya bisa menampung keluarga kecil.

Silakan untuk dipertimbangkan secara matang kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya program sejuta rumah untuk rakyat miskin yang diluncurkan oleh pemerintah sekarang. Memang sudah bisa dilihat buktinya dengan pembangunan banyak rumah di berbagai pelosok daerah. Namun , rumah-rumah yang dijual lokasinya cukup jauh dari kota.

Selain itu, di sekitar lokasi tersebut belum dibangun fasilitas transportasi yang memadai. Dengan begitu, faktor aksesibilitasnya masih rendah dan belum diperhatikan.

Masalah lain pun mulai bermunculan. Ada beberapa orang yang mau membeli rumah murah tersebut, tetapi hanya dijadikan tempat tinggal beberapa bulan saja. Selanjutnya, rumah tersebut disewakan bahkan dijual kembali kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu, mereka mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Sehingga pemerintah harus lebih serius untuk menangani semua permasalahan ini dengan mencarikan solusinya. Dengan begitu, tidak ada masalah besar di kemudian hari.

Sumber: Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×