kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menteri ESDM Ignasius Jonan harap ada peningkatan konsumsi listrik per kapita


Rabu, 09 Oktober 2019 / 16:52 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan harap ada peningkatan konsumsi listrik per kapita
ILUSTRASI. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (kanan) mengaktifkan sakelar meteran listrik saat meresmikan Bantuan Pasang Baru Listrik gratis di Dusun Bunceman, Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (29/8/2019). Ke

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengharapkan peningkatan konsumsi listrik per kapita dalam tahun-tahun mendatang.

Hal ini disampaikan Jonan ketika membuka acara Hari Listrik Nasional ke 74 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (9/10). Jonan menilai, hal ini perlu dilakukan menilik tingkat konsumsi yang baru mencapai 1.300 Kwh.

Baca Juga: Begini cara PLN wujudkan program Papua Terang

"Kalau pertumbuhan ekonomi rata-rata 5% maka bisa naik lebih dari 7% atau dua kali dari pertumbuhan ekonomi," terang Jonan. Lebih jauh, Jonan menegaskan, PT Perusahaan Listrik Negara untuk lebih kreatif.

Langkah-langkah yang menurut Jonan perlu dilakukan oleh PLN antara lain melalui dorongan penggunaan kompor induksi, maupun kendaraan listrik. "Masa yang jualan PLN, tapi yang sibuk saya dan Pak Budi (Menteri Perhubungan)," tegas Jonan.

Baca Juga: Bangun pembangkit listik di Kalimantan, Kencana Energi (KEEN) tunggu lampu hijau PLN

Menurutnya, peningkatan konsumsi listrik melalui pemanfaatan kompor induksi dan kendaraan listrik akan memberikan banyak dampak. Salah satunya yakni terwujudnya upaya menciptakan energi yang bersih dan ramah lingkungan.


Reporter: Filemon Agung
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan


Close [X]
×