kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mercedez-Benz tak jadi mental dari Gaikindo


Kamis, 07 Juni 2012 / 07:40 WIB
Mercedez-Benz tak jadi mental dari Gaikindo
ILUSTRASI. Stroberi termasuk salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai moisturizer untuk kulit berminyak.


Reporter: Arif Wicaksono Aryadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan PT Mercedes-Benz Indonesia tetap berada dalam keanggotaan Gaikindo. Mercedes-Benz Indonesia setuju menyerahkan data penjualan lengkap setiap model mobilnya.

“Pada akhirnya prinsipal Mercedes-Benz di Jerman mau memenuhi permintaan dari Gaikindo,” ujar Jongkie D. Sugiarto Ketua I Gaikindo kepada Kontan, Rabu (6/6).

Mercedez akhirnya menyanggupi permintaan Gaikindo untuk menyerahkan data penjualan setelah deadline diundur hingga 31 Mei 2012. Sebelumnya, Gaikindo memberi tenggat penyerahan data sampai 16 Mei 2012. Jika tidak mau, maka Mercedez-benz harus hengkang dari keanggotaan Gaikindo.

Saat ini, Gaikindo sudah menerima data penjualan lengkap Mercedes-Benz periode Oktober 2011 sampai April 2012. “Untuk penjualan bulan Mei belum diterima karena masih dalam proses penghitungan, paling tidak minggu depan datanya sudah bisa diterima,” ujarnya.

Jongkie mengatakan, hal ini menandakan Mercedes-Benz berinisiatif baik dan berusaha memenuhi tuntutan asosiasi. "Ini juga memperlihatkan aturan yang ada di Gaikindo tidak bisa diganggu gugat dan harus dilaksanakan oleh setiap anggotanya," tegasnya.

Dengan selesainya permasalahan ini, Mercedes-Benz bisa mengikuti seluruh agenda kegiatan Gaikindo. Misalnya, pagelaran akbar Indonesia International Motor Show(IIMS) 2012 pada 20-30 September nanti yang diikuti oleh 33 merek kendaraan.

Masalah selesai

Dwi Parileksono, PR and External Affair Manager Mercedes-Benz Indonesia juga mengamini berita ini. "Pada 31 Mei lalu kami secara resmi telah dapat izin dari pihak prinsipal di Jerman," kata Dwi. Ia memastikan, permasalahan Mercedes-Benz dengan Gaikindo telah selesai dengan penyerahan data penjualan lengkap.

Dhany M. Yahya Product Planning Manager Mercedes-Benz Indonesia menambahkan, secara prinsip pihak Mercedes-Benz Indonesia ingin memberikan data penjualan lengkap kepada Gaikindo. Namun, ini terhalang izin dari prinsipal.

Sebagai info, Mercedes-Benz merupakan salah satu pemain di pasar mobil premium dalam negeri. Produsen mobil mewah ini bersaing dengan pemain lainnya seperti merek BMW dan Audi.

Pada tahun 2011 Mercedes-Benz mencatat angka penjualan sebesar 5.331 unit naik 16% dibanding penjualan total tahun 2010 sebesar 4.594 unit.Sedangkan pada periode Januari-April tahun 2012 Mercedes Benz mencatat penjualan sebesar 1.421 unit naik 3,4% dari periode yang sama tahun 2011 sebesar 1.374 unit.

Kemarin (6/6), PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) juga resmi meluncurkan produk barunya All New Mercedes-Benz B Class. Mercedes-Benz B Class meramaikan pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) premium. Ia akan berhadapan dengan VW Touareg dan Audi A3.

Mercedes-Benz B Class ini merupakan produk impor Completely Built-Up (CBU) dari pabrik Mercedes di Jerman. Target pasar mobil ini adalah kalangan keluarga dari kelas medium ke atas.

Menurut Dhany, mobil ini lebih hemat bahan bakar 12% dari pendahulunya karena hanya butuh 5,9 liter bensin per 100 km. B-Class baru yang dinamai B-200 ini dibanderol Rp 439 juta off the road dan tersedia dalam warna hitam, putih dan silver.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×