kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Meski tak sebaik periode 2018, penjualan mobil di Agustus naik dibanding Juli


Selasa, 17 September 2019 / 20:15 WIB

Meski tak sebaik periode 2018, penjualan mobil di Agustus naik dibanding Juli
ILUSTRASI. Suasana pameran otomotif GIIAS 2019

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Penjualan mobil nasional menanjak naik. Dari data Gaikindo penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) yang diolah Astra tercatat penjualan dari bulan Juli ke Agustus 2019 meningkat.

Dari data penjualan wholesales Juli 2019 mencapai 89.105 unit sedangkan pada periode Agustus 2019 naik menjadi 90.403 unit. Adapun, penjualan Januari-Agustus 2019 sebesar 660.286 unit, atau turun dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 763.444 unit. 

Baca Juga: Toyota merajai penjualan mobil global

Penjualan Agustus 2019 dibandingkan dengan Agustus 2018 pun juga menunjukan grafik menurun. Tercatat penjualan Agustus 2018 sebesar 102.197 unit. Sedangkan Augustus 2019 sebesar 90.403 unit.

Melihat kondisi tersebut, Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara memprediksi target penjualan national sebesar 1,1 juta unit sulit tercapai. “Tapi kami optimist paling tidak diatas 1 juta unit bisa tercapai,” kata Kukuh kepada KONTAN, Selasa (17/9).

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mencatatkan penjualan positif pada semester kedua tahun 2019. Pada Agustus 2019, penjualan ritel Suzuki mencapai 9.114 unit. Raihan ini didukung oleh produk-produk Suzuki buatan Indonesia yang menjadi kontributor utama penjualan Suzuki di Tanah Air.

Makmur, 4W Sales Director PT SIS menjelaskan sejak awal semester kedua tahun 2019 ini penjualan Suzuki terus menunjukkan tren positif setiap bulannya.

Baca Juga: Toyota segera kuasai seluruh saham Daihatsu Motor

”Capaian positif ini menjadi motivasi untuk selalu menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan, serta terus berkontribusi terhadap industri otomotif Indonesia melalui produk lokal” ujar Makmur, dalam keterangan resminya, Selasa (17/9).

Pada Agustus 2019, seluruh produk lokal Suzuki, yaitu Carry, All New Ertiga, Karimun Wagon R, dan APV berkontribusi sebesar 87% terhadap total penjualan Suzuki. New Carry memimpin penjualan Suzuki dengan kontribusi sebesar 54%.

Sebagai satu-satunya kendaraan low pick up yang memiliki fitur Immobilizer, penjualan ritel New Carry juga meningkat sebesar 6,8% dibandingkan bulan sebelumnya, dengan capaian penjualan sebanyak 4.931 unit pada Agustus 2019.

Raihan ini kembali menjadikan New Carry sebagai Rajanya Pick Up di Indonesia dengan menguasai 59,6% pasar kendaraan niaga ringan.

“Raihan ini membuat kami semakin optimistis dapat menguasai 11% pangsa pasar otomotif Tanah Air pada akhir 2019 mendatang. Untuk meraihnya, tentu kami akan selalu memberikan berbagai program menarik dan menguntungkan konsumen, serta terus meningkatkan layanan penjualan maupun purnajual Suzuki,” kata Makmur.

Baca Juga: Pembiayaan mobil bekas menurun, ini kata APPI

Selain itu memasuki bulan Agustus, PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat peningkatan penjualan retail dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu dari 12.702 unit menjadi 13.127 unit. Kenaikan tersebut didukung oleh beberapa model andalan Honda yang mencatatkan kinerja positif.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM mengatakan, pnjualan di bulan lalu menunjukkan hasil yang positif bagi Honda, terutama dari sisi penjualan retail dimana kami mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

“Hasil ini tentunya juga membawa dampak positif terhadap level stok yang sehat di dealer kami dan kami akan berupaya mempertahankan tren positif di penjualan retail dengan menawarkan berbagai program penjualan menarik,” kata Yusak.


Reporter: Eldo Christoffel Rafael
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×