kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mitra Pinasthika (MPMX) targetkan kenaikan pendapatan hingga 10% di tahun ini


Senin, 27 Mei 2019 / 18:48 WIB
Mitra Pinasthika (MPMX) targetkan kenaikan pendapatan hingga 10% di tahun ini

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) optimistis dapat mengejar target kenaikan pendapatan 5% hingga 10% di sepanjang tahun 2019 ini. MPMX yakin target itu bisa dicapai seiring dengan pasar otomotif, khususnya roda dua yang masih bergairah.

Direktur Utama MPMX Suwito Mawarwati mengatakan, hingga April 2019, pasar kendaraan roda dua masih tumbuh 11,8%. Sehingga, Suwito pun yakin MPMX bisa mencuil pasar dari industri yang tengah bertumbuh itu.


"Jadi kami melihat ada peluang yang besar di pasar. Kami Optimsitis akan tumbuh 5%-10% (di tahun 2019)," kata Suwito dalam public expose yang digelar Senin (27/5).

Kendaraan roda dua memang masih menjadi andalan MPMX dalam menopang kinerja operasional dan keuangannya. Pada tahun lalu, segmen distribusi, ritel dan aftermarket masih memegang porsi dominan sebesar 90,4%. Sementara segmen transportasi melalui MPMRent memegang porsi 7,9% dan segmen lainnya sebanyak 1,7%.

Suwito menyampaikan, ketimbang melakukan ekspansi, fokus MPMX tahun ini akan lebih didorong untuk memperkuat bisnis secara organik. Sebab, Suwito menilai, segmen dan lini bisnis MPMX masih berpotensi untuk dapat dikembangkan.

"Kami tetap akan melihat peluang bisnis yang ada, tapi fokusnya pada pertumbuhan organik dulu. Lini bisnis kita ada kesempatan bertumbuh," katanya.

Untuk menopang target tersebut, pada tahun ini MPMX menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 600 miliar hingga Rp 700 miliar. Suwito bilang, sumber pendanaan capex tersebut akan diambil dari kas internal dengan tidak menutup kemungkinan untuk mengambil pinjaman dari pihak ketiga.

Suwito menjelaskan, capex tersebut lebih banyak dianggarkan untuk membangun infrastruktur penunjang lini binis MPMDistributor, pengembangan gudang, serta peremajaan mobil untuk lini bisnis MPMRent.

Hingga kuartal I 2019, MPMX telah menyerap capex sebesar 20% dari dana yang dianggarkan. "Kami juga investasi di bidang sistem dan teknologi. Dengan ini diharapkan akan mendorong efisiensi dan produktivitas," imbuh Suwito.

Direktur Keuangan MPMX Beatrice Kartika mengatakan, dengan pendapatan yang ditargetkan tumbuh 5%-10%, MPMX mengincar laba sebesar Rp 400 miliar hingga Rp 450 miliar.

Hingga kuartal I 2019, Beatrice mengaku MPMX masih mencatatkan kinerja positif. Pendapatan MPMX tercatat sebesar Rp 3,9 triliun atau naik 8,96% dibandingkan periode sama tahun lalu. "Kontribusi utama masih dari distribusi dan retail. Kita lihat masih sangat baik," ujarnya.




TERBARU
Terpopuler

×