CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) Lepas 50% Saham MPMRent ke Perusahaan Singapura


Senin, 06 Juni 2022 / 08:49 WIB
Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) Lepas 50% Saham MPMRent ke Perusahaan Singapura
Perjanjian jual beli oleh Mitra Pinasthika Mustika dengan Carro.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan konsumer otomotif dan transportasi terkemuka di Indonesia mengumumkan penandatanganan perjanjian jual beli pada tanggal 31 Mei 2022 dengan Trusty Cars Pte Ltd (Carro), perusahaan teknologi terkemuka di Singapura.

Dalam kesepakatan ini, Carro menginvestasikan dana sebesar US$ 53,8 juta atau setara dengan Rp 783,8 miliar untuk menjadi pemegang saham pada PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), anak usaha MPMX. Dengan dana tersebut Carro memiliki 50% saham MPMRent dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.

Investasi ini menandai dimulainya kemitraan antara MPMX, dengan marketplace otomotif terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara yaitu Carro, untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk online marketplace, pembiayaan, sewa kendaraan, layanan perbaikan, dan layanan purna jual.

Suwito Mawarati, Group Chief Executive Officer MPMX menyampaikan rasa syukurnya dalam mengumumkan penandatanganan perjanjian antara MPMX dengan Carro. MPMX juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan peran aktif dari pemegang saham induk perusahaan yaitu PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam mewujudkan kemitraan ini.

Baca Juga: Begini Upaya Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) Mencapai Target 2022

MPMX dan Saratoga percaya bahwa Carro merupakan mitra yang sangat baik yang akan mampu meningkatkan nilai strategis bisnis perusahaan melalui rekam jejak kesuksesan serta pengalaman operasionalnya yang luas di ekosistem otomotif online yang terintegrasi.

"Ini merupakan babak baru yang penting dan menarik bagi MPMRent di mana kemitraan ini akan menciptakan ekosistem otomotif online dan offline (O2O) terintegrasi yang unik di Indonesia dengan penawaran produk dan layanan lengkap bagi konsumen kami mulai dari marketplace, rental, pembiayaan, hingga asuransi yang melayani pasar B2B dan B2C,” ungkap Suwito dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (6/6).

Menanggapi kemitraan ini, CEO CARRO, Aaron Tan mengatakan, Carro tetap kukuh dan berkomitmen untuk berinvestasi dan memajukan bisnisnya di Indonesia meskipun di tengah lingkungan makro dan global yang penuh ketidakpastian.

"Kami menantikan dan tidak sabar bermitra dengan MPM untuk meningkatkan pertumbuhan dan memberikan transformasi pengalaman kepada pelanggan melalui ratusan engineers dan data scientist di seluruh Grup Carro," jelas dia.

Memanfaatkan kekuatan yang melekat pada kedua perusahaan, kemitraan ini menghadirkan situasi yang saling menguntungkan bagi MPMX dan Carro. Kemitraan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan MPMX untuk membawa pertumbuhan lebih lanjut dalam mengembangkan nilai (unlocking values) dari bisnis yang ada, serta berinvestasi dalam inovasi dan mempercepat transformasi digital perusahaan.

 

Carro menghadirkan ekosistem online yang terintegrasi penuh dari pasar mobil hingga pembiayaan, Big Data, dan AI, akses pada database kendaraan yang berkembang pesat, dan teknologi computer vision dan algoritma harga.

Hasilnya, MPMRent dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar persewaan mobil terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan akses ke jaringan bengkel yang berkembang pesat, lokasi persewaan dan pelelangan nasional yang strategis, basis pelanggan yang menguntungkan dan beragam, serta kemampuan operasional yang kuat.

Kemitraan ini juga akan memperkuat nilai bagi pelanggan dan diler, di mana kedua perusahaan membangun komitmen terhadap strategi dan melanjutkan transformasi untuk menghadirkan platform yang relevan secara global dalam memberikan produk dan layanan generasi mendatang di pasar otomotif.

Termasuk juga di dalamnya memberikan akses ke lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang tersedia dalam inventaris selama masa sewa dan paska sewa, praktik manajemen dan kontrol kualitas yang lebih baik, dan meneruskan digitalisasi layanan MPMRent untuk memastikan customer journey yang mulus dan mudah bagi pelanggan B2B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×