kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mobil sportcar seharga Rp 2 miliar lebih cepat laku


Selasa, 23 Juli 2019 / 19:08 WIB
Mobil sportcar seharga Rp 2 miliar lebih cepat laku


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Permintaan mobil sport (sportscar) seakan tak ada habisnya. Model yang kebanyakan masuk dalam segmen mobil premium ini masih punya pasar yang menjanjikan di Indonesia.

Anton Jimmi, Marketing Director PT Toyota Astra Motors (TAM) mengatakan bahwa segmen mobil premium, khususnya sporstcar tetap eksis dan selalu punya demand. "Kebanyakan pemilik sporstcar punya lebih dari satu brand, dan mereka kadang menambahnya sebagai bagian dari koleksi," sebutnya ditemui di GIIAS 2019, Selasa (23/7).

Bisa dibilang tipikal konsumen mobil segmen ini tidak loyal pada satu merek, sehingga ini menjadi kesempatan para APM merilis produk luxury nya. Market di sportscar juga cukup unik karena sewaktu-waktu bisa tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan penjualan mobil biasa.

"Kalau ada model baru keluar peningkatan (demand) nya bisa tinggi hingga terjual habis, setelah tidak ada model baru malah bisa jadi menurun," sebut Anton. Untuk itulah TAM optimistis dengan meluncurkan sportscar mewah nya Toyota GR Supra di tahun ini dengan kisaran harga Rp 2 miliar per unit.

Saat ini TAM telah memiliki empat unit sedan sport mewah tersebut, dan menurut Anton dari kabar beberapa diler daerah di Indonesia sudah ada 10 calon pembeli yang tertarik memesannya. Selain memperkenalkan GR Supra, TAM juga memamerkan sportscar GT 86 di GIIAS tahun ini, penjualan model ini diharapkan mencapai 5 unit per bulannya.

Sementara itu bagi APM seperti Lexus, mobil premium tak bisa dilepaskan dari citra brand nya. Mengenai sportscar, untuk tahun ini Lexus Indonesia memang belum meluncurkan model baru untuk kategori tersebut.

Namun bicara market mobil mewah, kata Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia bisnis mobil segmen ini cukup stabil. "Secara global permintaan baik, soalnya konsumen mobil ini memang high end dan tidam gampang terganggu krisis ekonomi, sehingga relatif aman dalam membelanjakan kendaraan," sebutnya ditemui di GIIAS 2019, Selasa (23/7).

Line up andalan Lexus saat ini termasuk beberapa varian terbaru yakni tipe SUV seperti Lexus RN Premium LX 570 SPORT dan Lexus Luxury Medium Sedan ES 250. Untuk jenis sedan baru dibanderol dengan harga kisaran Rp 1,1 miliar per unit.

Adapun Lexus LX 570 SPORT yang merupakan varian dari SCJV Premium LX line up, telah diluncurkan pada Januari 2019 kemarin. Sedangkan, kehadiran sedan ES 250 melengkapi varian sedan Lexus ES line up yang telah diluncurkan pada GIIAS 2018 lalu.

Sedangkan PT Garuda Mataram Motor pemegang merek mewah Audi yang terbaru meluncurkan SUV coupe empat pintu terbaru, Audi Q8. "SUV ini dilengkapi sistem konektivitas yang canggih dan ketangguhan di medan off road," sebut Jonas Chendana, COO PT Garuda Mataram Motor.

Meski menjadi pelengkap jajaran produk full-size Audi, namun dari sisi dimensi, dengan panjang 4,99 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,71 meter, Audi Q8 memang lebih lebar, lebih panjang dan lebih pendek jika dibandingkan Audi Q7.

Dengan jarak sumbu roda yang hampir mencapai 3 meter, diharapkan menyuguhkan keleluasaan di dalam kabin yang menjadi keunggulannya, bahkan jika dibandingkan kompetitor di kelasnya. Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar-D yang tampil kokoh untuk menegaskan kemampuan hebatnya sebagai sebuah SUV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×