kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mondelez International Investasikan US$ 23 Juta untuk Tambah Lini Produksi


Selasa, 08 Februari 2022 / 15:00 WIB
Mondelez International Investasikan US$ 23 Juta untuk Tambah Lini Produksi
Fasilitas produksi biskuit Oreo oleh PT Mondelez International di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permintaan ekspor terus meningkat, Mondelez International tambah lini produksi biskuit OREO kelas dunia di Cikarang, Jawa Barat. Lini produksi baru ini akan memproduksi biskuit OREO, yang sebagian besarnya ditujukan untuk ekspor ke negara-negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah. Tercatat volume ekspor pabrik Mondelez International di Cikarang meningkat lebih dari 250% dalam 10 tahun terakhir.

Zaenal Abidin selaku Direktur PT Mondelez Indonesia Manufacturing menjelaskan, peningkatan permintaan ekspor dari berbagai negara tak lepas dari keberhasilan pabrik Mondelez International di Cikarang dalam menjaga kualitas hasil produksi dan efektivitas pabrik. Meningkatnya permintaan ekspor dari berbagai negara ini sejalan dengan peningkatan permintaan konsumen terhadap makanan ringan.

Menurut hasil survei State of Snacking terbaru, 85 persen konsumen secara global dan 94 persen di Indonesia mencari kesenangan dengan mengonsumsi setidaknya satu camilan sebagai kebutuhan sehari-hari. Indonesia adalah pasar OREO terbesar di Asia Tenggara, dan Top 5 secara global.

“Sejalan dengan meningkatnya permintaan konsumen tersebut, Mondelez International menambah lini produksi biskuit, dengan nilai investasi sebesar USD 23 juta, setara dengan Rp 320 miliar,” jelas Zainal dalam Virtual Press Conference Mondelez International, Selasa (8/2).

Baca Juga: Mondelez membangun pusat penelitian kakao senilai US$13 juta

Zainal menambahkan, investasi terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi OREO sebesar 70% sehingga menjadikan pabrik di Cikarang masuk dalam jajaran pabrik biskuit Mondel?z International berkapasitas besar.

Pembangunan lini produksi OREO terbaru diungkapkan sebagai proyek investasi tercepat dari Mondelez International. Dimulai pada awal 2020 selama pandemi COVID-19, dan selesai pada akhir 2021 tanpa ada kendala baik dari segi keselamatan maupun kesehatan.

Nantinya, lini produksi terbaru OREO akan menggunakan teknologi terbaru dalam produksi biskuit, termasuk mesin yang menghemat energi, air, dan karbon untuk mendukung proses produksi yang lebih berkelanjutan yang sejalan dengan misi Mondelez International. 

Hingga saat ini, pabrik Mondelez International di Cikarang merupakan salah satu pusat produksi biskuit yang memproduksi berbagai produk biskuit seperti OREO, Mini OREO, dan Ritz. Selain itu, pabrik Mondelez di Cikarang merupakan pusat ekspor untuk lebih dari 35 negara, mencakup pasar di Asia Pasifik dan Timur Tengah, termasuk Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

Terealisasinya proyek investasi ini tak lepas dari dukungan pemerintah Republik Indonesia, utamanya oleh Kementerian Koordinator Maritim & Investasi, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Investasi (BKPM), yang telah berupaya menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif. 

Putu Juli Ardika selaku Direktur Jenderal Industri AGRO Kementerian Perindustrian yang turut hadir secara virtual pada peresmian perluasan pabrik Mondelez International di Cikarang menyampaikan dukungan serta apresiasinya.

Baca Juga: Mondelez Gelar Workshop UMKM Kuliner Kekinian, Gratis!

“Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor manufaktur andalan Indonesia yang berpotensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik perluasan pabrik Mondelez International di Cikarang, Jawa Barat ini,“ jelas Putu Juli Ardika.

Senada, Ikmal Lukman, selaku Sekretaris Utama dan Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi (BKPM) pun turut menyampaikan dukungan serta apresiasinya.

“Investasi merupakan salah satu faktor penggerak pertumbuhan sektor industri, khususnya dalam mendukung upaya pemerintah mendorong pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19. Pemerintah bertekad terus mewujudkan iklim usaha yang kondusif melalui kebijakan strategis dan diambilnya langkah-langkah di luar kebiasaan untuk meningkatkan daya saing Indonesia, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi investor asing maupun dalam negeri,” terang Ikmal Lukman.

Mondelez International berharap investasi ini akan memberikan kontribusi positif bagi ekspor dan devisa negara, penciptaan lapangan kerja, pengembangan industri makanan dan minuman di Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Diresmikannya lini produksi terbaru untuk produk biskuit OREO ini, sekaligus bertepatan dengan perayaan hari jadi OREO dalam menemani kebersamaan keluarga di seluruh dunia yang ke 110 tahun. 

OREO sendiri pertama kali dijual ke pasar pada tanggal 6 Maret 1912 di daerah Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat dan kemudian semakin berkembang dengan berbagai inovasi dan varian rasa, hingga kini digemari oleh segala usia di seluruh dunia. Di Indonesia, OREO telah dinikmati oleh banyak keluarga sejak tahun 1995.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×