kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Moody berikan rating B2 untuk pengajuan obligasi Medco dengan outlook positif


Selasa, 23 April 2019 / 21:19 WIB

Moody berikan rating B2 untuk pengajuan obligasi Medco dengan outlook positif

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Moody's investor service berikan rating B2 untuk pengajuan obligasi senior tanpa jaminan berdenominasi dollar AS yang dikeluarkan Medco Oak Tree Pte. Ltd yang merupakan anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk (B2 positive).

Surat utang yang diajukan nantinya tidak dapat dibatalkan dan dijamin tanpa syarat oleh Medco dan beberapa anak perusahaan dalam kaitannya dengan proses akuisisi perusahaan yang terdaftar di London yakni Ophir Energy.


Sebagai awalan, hasil obligasi akan disimpan di rekening Escrow sebelum akhirnya bisa digunakan untuk membiayai akuisisi Ophir senilai £ 408.4 juta atau US$ 533 juta. Selain itu juga akan digunakan untuk membayar tagihan utang dan kepentingan perusahaan.

Jika hingga 4 Juli 2019 proses akuisisi belum juga rampung maka segala biaya yang semula akan didanai oleh Medco yakni dana rekening Escrow, premi pelunasan awal sebesar 1% dan beban bunga akan digunakan untuk menebus obligasi.

"Rating B2 Medco menunjukkan skala sederhana kinerja Medco dan visibilitas aliran kas dari harga tetap aliran gas yang berada pada tingkatan menengah serta harapan kami akan kredit metrik Medco yang akan terus berkembang dalam beberapa kuartal ke depan," jelas Moody's Lead Analyst for Medco, Chua.

Moody menegaskan rating B2 Medco dengan outlook positif pada 1 Februari 2019 dengan pertimbangan pengajuan akuisisi Ophir dan kinerja keuangan yang terus berkembang. Oleh karena itu, perusahaan telah memperoleh persetujuan transaksi dari pemegang saham Ophir.

Moody memperkirakan pasca akuisisi Medco akan meningkatkan EBITDA atau laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi sebesar 3,5 kali dalam dua tahun ke depan dimana pada tahun 2018 sebesar 4,2 kali dan RCF dikisaran 14%.

Pada saat yang bersamaan, rating B2 terkendala oleh beberapa hal, antara lain; siklus harga komoditas, selera pertumbuhan yang pesat dan dampak dari rencana investasi Medco dalam dua tahun ke depan dengan besaran investasi mencapai US$ 300 juta per tahun.

Moody juga memperkirakan kredit metrik Medco akan terus bertumbuh disepanjang 2019 hingga 2020. Pertumbuhan ini didukung dengan aliran kas yang stabil dari portfolio dan rencana penjualan aset non-inti.

Lebih lanjut Moody berpendapat CFR Medco dapat ditingkatkan setelah proses akuisisi dan pelaksanaan rencana pengurangan hutang. Jika kredit metrik terus meningkat maka EBITDA berada pada kisaran 4.5 kali dan RCF dikisaran 10% hingga 15%.

Sebagai tambahan, demi meningkatkan peringkat perusahaan harus mampu mempertahankan likuiditas kas dan setara kas yang kuat yang meliputi jumlah utang yang jatuh tempo selama setahun ke depan.

Sementara itu, outlook dapat berubah menjadi stabil bergantung pada beberapa kondisi; Pertama, Medco gagal mengeksekusi rencana yang sudah berjalan atau terjadi penundaan pelaksanaan. 

Kedua, hasil pengajuan akuisisi mengalami peningkatan pinjaman yang lebih tinggi dari perkiraan Moody, maupun Medco melakukan akuisisi yang didanai dengan hutang. Ketiga, Medco mendanai bisnis pertambangan dan listriknya.


Reporter: Filemon Agung
Editor: Yoyok
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0022 || diagnostic_web = 0.1386

Close [X]
×