kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Motorola Solutions luncurkan sistem radio digital


Kamis, 13 Desember 2012 / 16:13 WIB
ILUSTRASI. Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta Selatan.


Reporter: Dian Pitaloka Saraswati |

JAKARTA. Komunikasi di kawasan pertambangan dan perkebunan kadang menjadi masalah pelik. Untuk mengatasinya, orang yang beraktivitas di kawasan tersebut berkomunikasi dengan radio.

Kamis (13/12), Motorola Solutions merilis sistem komunikasi radio dua arah digital yang bertajuk Mototrbo. Mototrbo  merupakan solusi radio dengan menggunakan teknologi digital TDMA (Time Division Multiple Access). Teknologi ini meningkatkan kekuatan baterai hingga 40% lebih baik dari teknologi radio. Bahkan, "Lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan telepon selular," kata MotoTRBO Business Development Director for Asia Pacific Motorola Solutions Darren Ng.

Untuk pasar swasta, Darren mengincar perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, perhotelan, transportasi dan logistik dan juga keamanan. Darren menyebut, pemanfaatan Mototrbo tak sebatas kalangan swasta. Sektor pemerintahan pun bisa memanfaatkan sistem komunikasi ini untuk komunikasi di kawasan terpencil.

Namun, lantaran baru hadir di Indonesia, Darren belum terlalu berharap banyak untuk memasarkan produk-produk berbasis Mototrbo. "Saat ini masih dalam tahap perkenalan, jadi kami dalam satu tahun ini baru memberikan target yang sifatnya lebih kualitatif," kata Darren.

Djohan Taib, Country Sales Lead Radio Channels Indonesia-Motorola Solutions menyebut pasar solusi radio di Indonesia masih dikuasi radio analog. Teknologi digital masih belum banyak yang familiar. "Baru sekitar 5%-6% menggunakan sistem digital, masih diperlukan transisi secara bertahap bagi perusahaan untuk bermigrasi ke teknologi baru ini," katanya.

Tahun ini, Motorola Solusions merilis empat produk berbasis Mototrbo yaitu XiR 8600, XiR 6600, dan SL1K. Produk-produk ini menawarkan keunggulan antara lain, teknologi audio canggih, audio Bluetooth dan data Bluetooth terintegrasi, layar LCD aneka warna, pengumuman berupa suara, GPS terintegrasi, dan pesan teks tersimpan dan sms bebas.

Selain menjual produk tersebut, Motorola Solutions juga menawarkan beragam solusi yang disesuaikan dengan jenis dan besarnya perusahaan. Untuk lebih mendekatkan diri ke calon konsumen, Motorola meresmikan Motorola Solutions Excellence Centre di seluruh Indonesia. "Motorola Solutions Excellence Centre akan dibuka 5 hingga 6 lokasi lagi selain di Jakarta," kata Djohan. Sasaran lokasi Motorola antara lain di Pekan Baru, Surabaya, Balikpapan dan lokasi lain yang bisa mencakup target pasar mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×