Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPStore) bersama Kementerian Koperasi dan UKM serta Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) secara resmi meluncurkan inovasi terbaru berupa AI Agent untuk Pasar, yang bertujuan merevolusi cara berbelanja masyarakat sekaligus meningkatkan omzet pedagang pasar tradisional.
AI untuk Pasar, Teknologi yang Menyentuh Akar Rumput
Program ini memungkinkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pasar cukup melalui chat dengan AI Agent yang dikembangkan oleh MPStore. Sistem akan secara otomatis mencari pedagang pasar terdekat yang memiliki barang yang dibutuhkan, lalu pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran melalui sistem digital MPStore.
Setelah pembayaran dikonfirmasi, AI akan mengirimkan notifikasi melalui WhatsApp kepada pedagang pasar yang bersangkutan. Barang yang dibeli kemudian akan dijemput oleh kurir/ojol untuk diantar langsung ke pelanggan.
“Ini adalah bentuk ikhtiar kami untuk memajukan pelaku usaha mikro. AI masuk pasar dengan harapan dapat meningkatkan omzet pedagang pasar, karena kami percaya masyarakat bukan tidak mau ke pasar, tapi cara belinya yang berubah. Maka dari itu, kita perlu mengadaptasikan ekosistem digital ke dalam pasar,” ujar Menteri Koperasi dan UKM, Maman Abdurahman.
Baca Juga: Transformasi Pasar Tanah Abang, Kini Banyak Pedagang Live Shopping
Revolusi Digital Pasar Tradisional Pertama di Asia Tenggara
Direktur Utama PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPStore), Abdul Muidz Aad, menyatakan keyakinannya bahwa ini merupakan langkah revolusioner dalam sejarah perdagangan tradisional di Asia Tenggara.
“Inilah yang pertama di Asia Tenggara yang mengintegrasikan teknologi AI secara menyeluruh ke dalam ekosistem digital. Penjual dan pembeli kini bisa bertransaksi cukup dari rumah. Ini adalah kebangkitan baru bagi UMKM Indonesia,” ungkapnya.
Dengan kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha teknologi, dan asosiasi pedagang, peluncuran ini menandai langkah besar dalam digitalisasi pasar rakyat, memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk tetap terkoneksi dengan pasar tradisional—tanpa kehilangan nilai sosial dan ekonominya.
Baca Juga: MPStore Perkuat Strategi Pertumbuhan Bisnis Usai Kantongi Izin E-Commerce Kemendag
Selanjutnya: Lazada Tanam Dana US$ 100 Juta demi Mengembangkan Program Afiiliate
Menarik Dibaca: Lazada Tanam Dana US$ 100 Juta demi Mengembangkan Program Afiiliate
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News