kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,27   -11,24   -1.20%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai 1 Mei, Ciputra Hospital operasikan fasilitas isolasi tambahan pasien corona


Kamis, 30 April 2020 / 23:27 WIB
Mulai 1 Mei, Ciputra Hospital operasikan fasilitas isolasi tambahan pasien corona
ILUSTRASI. Grup Ciputra menyediakan fasilitas kesehatan di Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang. Penambahan 210 tempat tidur (bed) untuk ruang isolasi, penyediaan alat ventilator, dan sarana prasarana alat pelindung diri


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Mulai 1 Mei, Ciputra Group, lewat Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta Barat dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang siap mengoperasikan ruang isolasi bertekanan negatif dengan total kapasitas 210 tempat tidur (bed) untuk pasien Covid-19.

Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata mengatakan, langkah ini merupakan  dukungan Ciputra Group dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat serta dukungan pemerintah untuk mengimbangi ketersediaan kapasitas rumah sakit rujukan yang melayani pasien Covid-19.

“Sebagai bentuk kepedulian, Ciputra Group mengambil langkah cepat untuk menambah fasilitas ruang isolasi serta alat medis di Ciputra Hospital CitraGarden City dan Ciputra Hospital CitraRaya yang siap beroperasi penuh 1 Mei 2020 untuk merawat pasien Covid-19,” kata Budiarsa, Kamis (30/4).  

Ciputra Residence bersama Ciputra Hospital bahkan membentuk tim percepatan penambahan ruang isolasi sebanyak 81 bed di Ciputra Hospital CitraGarden City sehingga total menjadi 123 bed dan tenda besar darurat untuk tambahan ruang isolasi di Ciputra Hospital CitraRaya dengan kapasitas 72 bed (total menjadi 87 bed).

“Sehingga secara keseluruhan berjumlah 210 bed isolasi bertekanan negatif di area yang terpisah dari pasien umum lainnya,” ujar Budiarsa.

Menurut Budiarsa, kedua Ciputra Hospital telah ditunjuk Dinas Kesehatan Propinsi sebagai RS Jejaring Pelayanan Covid-19 untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

Terkait biaya perawatan, Ciputra Hospital akan menggunakan rujukan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/238/2020 yentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien Covid-19.   

Atas biaya pasien Covid-19, Ciputra Hospital  akan berkoordinasi dengan Kemenkes dan pihak terkait termasuk BPJS Kesehatan agar pasien tidak perlu membayar sejak awal dirawat.  “Jadi pasien Covid-19 yang dirawat di Ciputra Hospital tidak dikenakan biaya dan langsung ditangani dahulu,” ujarnya.

dr. Irwan S. Hermawan, MM, Direktur Ciputra Hospital CitraGarden City menambahkan,  ruang isolasi Ciputra Hospital telah dilengkapi tenaga medis dengan alat pelindung diri (APD) yang jumlahnya memadai menggunakan standar WHO dari level 1 hingga level 3 dan tetap menjaga kewaspadaan berbasis transmisi seperti transmisi kontak (contact), percikan (droplet), dan udara (airbone).

Ciputra Hospital juga melengkapi  ruang ICU dan HCU yang dilengkapi dengan  ventilator dan patient monitor,  serta ruang Hemodialisis dengan mesin Hemodialisis (HD) dengan jumlah yang memadai untuk merawat pasien HD yang terkena Covid-19.

Tidak hanya itu, "Seluruh  tenaga medis tinggal di fasilitas ruangan yang disediakan oleh Ciputra Hospital dengan sistem bergiliran untuk istirahat dan pengawasan ketat. Termasuk, tambahan vitamin untuk menjaga kesehatannya. Beberapa program rutin pemeriksaan berkala kami lakukan agar seluruh karyawan terhindar dari kemungkinan infeksi Covid-19 ini,” jelas dr. Irwan.

Ciputra Hospital juga memberikan pelayanan penjemputan dengan mobil ambulance secara gratis apabila pasien berada dalam radius 5 kilometer dari Ciputra Hospital. Untuk radius lebih luas, Ciputra  berkoordinasi dengan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu DKI Jakarta bersama dengan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk penjemputan dan penanganan kegawatdaruratan pasien.

Ciputra Hospital juga menyediakan pelayanan berupa rapid test dan swab test dengan RT-PCR bekerja sama dengan laboratorium rujukan pemerintah maupun laboratorium non-rujukan pemerintah untuk meningkatkan akurasi diagnostik pasien dengan kriteria ODP, PDP, dan Covid-19. “Khusus rapid test, dalam waktu dekat pihak Ciputra Hospital akan melayani sistem drive thru bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×