kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai 1 September 2023, Stasiun Gambir Terapkan Face Recognition Boarding


Jumat, 25 Agustus 2023 / 15:56 WIB
Mulai 1 September 2023, Stasiun Gambir Terapkan Face Recognition Boarding
ILUSTRASI. Stasiun Gambir Terapkan Face Recognition Boarding mulai 1 September 2023


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan Face Recognition Boarding (pemindaian wajah sebelum keberangkatan) akan berlaku mulai awal September 2023, tepatnya pada Jumat (1/9/2023) di Gate Selatan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

"Gate Selatan Stasiun Gambir khusus melayani Boarding Face Recognition. Layanan boarding manual nantinya akan dilayani di Gate Utara Stasiun Gambir," papar Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (24/8/2023).

Untuk diketahui, layanan Face Recognition Boarding merupakan fasilitas yang dilengkapi kamera. Fasilitas ini berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pemindaian wajah.

Baca Juga: Naik 82%, KAI Layani 205 Ribu Penumpang WNA Sampai Juli 2023

Data wajah yang diidentifikasi ini sudah terintegrasi dengan data tiket milik calon penumpang yang ada pada sistem boarding KAI.

"Layanan ini nantinya akan ditemui di area pemeriksaan tiket," kata Feni.

Proses boarding dengan cara pindai wajah ini, lanjutnya, dinilai lebih praktis karena calon penumpang tidak perlu menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan bukti fisik tiket.

Diharapkan fasilitas ini akan dapat semakin mempermudah calon pelaku perjalanan dalam melakukan perjalanan.

"Proses boarding akan lebih cepat, praktis, dan tidak memerlukan verifikasi manual. Ini akan membuat pelanggan lebih nyaman dalam menikmati proses perjalanan menggunakan KAI," terang Feni.

Baca Juga: Ada Perubahan Lagi, LRT Jabodebek Akan Beroperasi Penuh Senin 28 Agustus 2023

Layanan Face Recognition Boarding ini bisa diakses lewat aplikasi Access by KAI dan di stasiun.

Adapun stasiun yang sudah melayani Face Recognition Boarding yakni Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, dan Stasiun Solo Balapan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stasiun Gambir Terapkan Face Recognition Boarding mulai 1 September"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×