kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai Hari Ini, Masyarakat Bisa Ikut Uji Coba Operasional Terbatas LRT Jabodebek


Rabu, 12 Juli 2023 / 04:36 WIB
Mulai Hari Ini, Masyarakat Bisa Ikut Uji Coba Operasional Terbatas LRT Jabodebek
ILUSTRASI. Masyarakat bisa segera ikut uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

UJI COBA LRT - Masyarakat bisa segera ikut uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek. Uji coba ini akan dimulai pada 12 Juli hingga 15 Agustus 2023. 

Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar rapat koordinasi untuk membahas kesiapan jelang dilakukannya uji coba LRT Jabodebek yang berlangsung kemarin.

Melansir Infopublik.id, rapat koordinasi dipimpin oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dan dihadiri sejumlah stakeholder terkait diantaranya Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochamad Purnomosidi; Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI John Roberto; perwakilan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Depok dan Bekasi; Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ); dan jajaran Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

"Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok 12 sampai 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas," ujar Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Selasa (11/7/2023).

Terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Risal menjelaskan, telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian, setelah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Dia menambahkan bahwa dalam uji coba terbatas nanti, selain menguji coba pengoperasian LRT, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati.

Baca Juga: Catat! Hanya Pendaftar yang Bisa Mengikuti Uji Coba LRT Jabodebek

"Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, Kereta Cepat, dan lain sebagainya," kata Risal.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat untuk merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek. 

"Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas besok," ucapnya.

Adita mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Baca Juga: Syarat & Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek, Siapa Berminat?

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×