kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Mulai Hari Ini, Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Disetop Sementara


Kamis, 23 Desember 2021 / 06:36 WIB
Mulai Hari Ini, Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Disetop Sementara
ILUSTRASI. Jalan Tol Jagorawi yang dioperasikan Jasamarga Metropolitan Tollroad. 


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan akan menghentikan sementara pekerjaan konstruksi di jalan tol mulai 23 Desember 2021-2 Januari 2022.

Operation and Maintenance Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan, hal tersebut merupakan instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Berdasarkan instruksi Kementerian PUPR, menghentikan sementara pekerjaan konstruksi khususnya yang mengganggu lalu lintas (lalin) di tol mulai 23 (Desember 2021) sampai 2 Januari (2022)," jelas Atika dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/12/2021).

Menurut Atika, Jasa Marga melakukan beragam strategi demi mengantisipasi kepadatan lalin di tol.

Baca Juga: Dulu Berbayar, Kini 5 Jalan Tol di Indonesia Ini Gratis

Contohnya, membentuk tim Satgas JM Siaga Natal 2021 dan tahun baru serta Satgas JM Siaga Penanggulangan Kondisi Darurat, khususnya saat akhir tahun dan cuaca ekstrem.

Lalu, perseroan telah mengidentifikasi lokasi rawan kepadatan serta penanganannya dan mengoptimalkan kapasitas lajur seperti yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Sehingga, dipastikan tidak ada kendaraan gangguan di bahu jalan.

Terkait dengan antisipasi kondisi darurat dan cuaca ekstrem, Jasa Marga melakukan upaya kuratif dan preventif, terutama di area rawan genangan.

Jasa Marga juga telah memastikan para petugas siaga yang operasional telah mendapatkan vaksinasi.

Perusahaan juga bersinergi dengan Badan Usaha Milik negara (BUMN) lainnya seperti PT Jasa Raharja terkait layanan operasional kemanusiaan.

Lalu, dengan PT Pertamina (Persero) untuk menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Modular dan kemasan di lokasi khusus yang diprediksi adanya kepadatan.

Baca Juga: Sudah 648.669 Kendaraan Tinggalkan Jabotebek di H-5 Jelang Natal

Perseroan juga memastikan seluruh peralatan yang dimiliki siap dan berfungsi baik di gerbang tol (GT) maupun di lajur seperti CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio Komunikasi dan mengoptimalkan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

Sementara itu, Jasa Marga turut berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub terkait pelaksanaan rekayasa lalin dan pengaturan operasional angkutan barang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mulai Kamis Besok, Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Disetop Sementara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×