kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multi Bintang Indonesia (MLBI) Berupaya Maksimalkan Bisnis di Sisa Tahun Ini


Rabu, 29 November 2023 / 07:00 WIB
Multi Bintang Indonesia (MLBI) Berupaya Maksimalkan Bisnis di Sisa Tahun Ini


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) berupaya memaksimalkan laju bisnisnya di tahun 2023 ini lewat sejumlah strategi. Salah satunya dengan meningkatkan penguasaan distribusi produk sebagai kunci utama pertumbuhan tahun ini. 

Maklumlah, bisnis MLBI sempat mengalami tekanan pada beberapa tahun lalu sebagai akibat dari pandemi Covid-19. 

Head of Corporate Affairs Multi Bintang Dayna Adelman menuturkan, selama tiga tahun terakhir, ketahanan bisnis MLBI diuji oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Untuk menghadapi tantangan tersebut, MLBI pun menetapkan serangkaian prioritas strategi yang dirancang untuk menggairahkan kategori bir serta mengoptimalkan pertumbuhan dan nilai seiring dengan pemulihan perekonomian.

“Kami fokus untuk mendorong inovasi di portofolio kami, menata ulang efisiensi dan mengeluarkan potensi karyawan kami untuk bekerja dengan lancar sebagai organisasi yang responsif,” ungkap Dayna, kepada Kontan.co.id, Senin (27/11). 

Baca Juga: Penjualan dan Laba Multi Bintang (MLBI) Kompak Naik Pada Kuartal III-2023

Apabila dilihat dari laporan keuangan, bisnis MLBI berhasil mencatatkan pertumbuhan positif hingga periode kuartal III-2023.  Penjualan bersih MLBI meningkat  7,14% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 2,27 triliun, dibandingkan Rp 2,11 triliun per kuartal III-2022. 

Sementara untuk laba berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk angkanya mencapai Rp 692,74 miliar per kuartal III-2023. Angka ini bertumbuh 14% YoY dari semula Rp 606,61 miliar di periode yang sama tahun lalu. 

Ketika ditanya terkait proyeksi penjualan di periode libur akhir tahun, pihaknya mengatakan bahwa periode liburan tentu merupakan momentum yang penting bagi MLBI, mengingat sektor pariwisata sangat signifikan kinerjanya, khususnya di Bali. 

Namun demikian, pandemi yang terjadi mengajarkan MLBI untuk tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata saja untuk mendongkrak penjualan. Untuk itu, MLBI juga kini tengah berupaya mengembangkan portfolio pada sektor-sektor non pariwisata. 

“Periode liburan merupakan masa yang penting bagi kami. Namun, bisnis kami terus berjalan di luar periode akhir tahun. Kami telah mengambil langkah untuk memastikan brand kami berada dalam posisi yang kuat untuk bertumbuh,” jelasnya. 

 

Salah satu langkah yang diambil MLBI adalah dengan memastikan brand-nya selalu dekat dengan pelanggan dan konsumen. Termasuk melalui aktivitas sponsorship serta branding lewat agenda promosi dan aktivitas pasar.

Di sisi lain, MLBI juga menyiapkan produk baru yang sesuai dengan preferensi konsuman. Pada tahun ini MLBI maluncurkan dua produk yakni BINTANG Anggur Merah dan Tiger Soju Flavoured Lager. 

Pihaknya tak memerinci bagaimana review penjualan dari kedua produk ini, Dayna hanya bilang kalau kedua produk anyar ini berhasil mendapat sambutan yang baik di pasar. 

“Kami bermaksud untuk terus berinvestasi dalam inovasi;untuk memastikan pertumbuhan BINTANG Anggur Merah dan Tiger Soju Flavoured Lager; dan untuk menghadirkan inovasi yang relevan ke pasar,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

[X]
×