kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multi Indocitra (MICE) yakin dapat mencapai target tahun ini


Minggu, 07 November 2021 / 16:31 WIB
Multi Indocitra (MICE) yakin dapat mencapai target tahun ini
ILUSTRASI. Multi Indocitra (MICE) membukukan peningkatan penjualan bersih sebesar 12,08% menjadi Rp 548,57 miliar.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multi Indocitra Tbk (MICE) kembali mencatatkan kinerja yang ciamik. Hingga September 2021, perusahaan ini berhasil membukukan peningkatan penjualan bersih sebesar 12,08% menjadi Rp 548,57 miliar. 

Capaian laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih pun ikut melesat menjadi Rp 23,58 miliar, dari sebelumnya Rp 8,68 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Direktur Multi Indocitra Hendro Wibowo berujar, capaian positif ini didorong oleh beberapa faktor pendukung. Di antaranya, pertumbuhan pada kinerja penjualan yang juga diiringi penambahan prinsipal yang mempercayakan produknya untuk didistribusikan oleh Multi Indocitra. 

Baca Juga: Laba bersih melonjak 171%, simak kinerja Multi Indocitra (MICE) hingga kuartal III

Tak hanya itu, perusahaan juga melakukan pengetatan dari sisi biaya operasional, sehingga berdampak terhadap kenaikan operating profit MICE. 

"Walaupun sales bertumbuh dan margin juga bertumbuh, tetapi biaya operasional tidak mengalami kenaikan sehingga operating profit bertumbuh," ungkap Hendro kepada Kontan.co.id, Jumat (5/11) lalu.

Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah menjadi katalis positif bagi MICE untuk menggenjot pertumbuhan bisnis di sisa tahun ini. 

Hendra bilang, kondisi ini membuat konsumen semakin yakin untuk berbelanja, yang mana pada akhirnya ikut berdampak terhadap pertumbuhan sales MICE di semester kedua 2021. 

Baca Juga: Penjualan naik, laba Multi Indocitra (MICE) tumbuh 172,23% di semester I 2021

Faktor internal juga ikut menjadi katalis positif perusahaan di tahun ini. Hal tersebut hadir dari penambahan prinsipal dan juga pertumbuhan bisnis anak usaha yang dinilai turut membantu peningkatan kinerja MICE secara keseluruhan. 

Dengan begitu, Multi Indocitra pun optimistis target pertumbuhan dua digit untuk kinerja penjualan dapat dicapai pada penghujung tahun nanti. Di mana realisasi hingga kuartal ketiga sudah mencapai pertumbuhan hingga 12,08%. 

"Sampai dengan kuartal ketiga 2021 pertumbuhan penjualan kami sekitar 12,08%, dan masih sejalan dengan rencana kami sampai akhir tahun 2021 ini," sambung Hendro. 

Baca Juga: Multi Indocitra (MICE) masih optimis meraih target bisnis yang ditetapkan tahun ini

Sebelumnya, MICE menganggarkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 30 miliar di tahun ini. 

Menurut Hendro, serapannya per September 2021 telah mencapai Rp 9 miliar, digunakan untuk kendaraan operasional dan juga bangunan yang sesuai dengan lini bisnis perusahaan yakni di bidang distribusi.

"Perusahaan menilai capex yang dikeluarkan tidak perlu terlalu agresif karena melihat situasi kondisi yang masih belum sepenuhnya pulih," pungkas Hendro. 

Baca Juga: Multi Indocitra Ekspansi ke Bisnis Logistik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×