kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multipolar gandeng Mitsui bangun data center


Jumat, 18 Juli 2014 / 13:08 WIB
Multipolar gandeng Mitsui bangun data center
ILUSTRASI. Jet tempur siluman F-35


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) hari ini (18/7), menandatangani joint venture dengan Mitsui & Co, Ltd. (Mitsui) dan anak usahanya, Mitsui Knowledge Industry Co, Ltd (MKI) untuk membangun dan mengoperasikan Data Center Tier-4 ready (Joint Venture).

Data Center Tier-4 ini akan beroperasi di bawah anak usaha, PT Graha Teknologi Nusantara (GTN). Mitsui dan MKI akan menginvestasikan sekitar Rp 30 miliar dan Rp 80 miliar, yang masing-masing mewakili 10% dan 25% kepemilikan dalam GTN.

Melalui Joint Venture ini, MKI akan memberikan dan membagikan pengetahuan, pengalaman dan keahlian mereka di bidang layanan data center dan cloud computing.

Data center ini akan dilengkapi dengan dua sumber daya listrik dari grid yang terpisah, melalui penyedia kabel serat optik multi-carrier, dan berlokasi strategis 30 km dari Jakarta dan 80 km dari Bandung.

"Direncanakan data center ini akan mulai beroperasi pada semester II tahun 2015," ujar Wahyudi Chandra, Presiden Direktur PT Multipolar Technology dalam keterangan resminya, Jumat (18/7).

Data center Tier-4 ready yang memenuhi standar TIA 942 dan dengan Uptime Institute Certification ini akan menggabungkan kompetensi di bidang perencanaan dan implementasi Disaster Recovery and Business Continuity Plan.

Wahyudi berujar, prospek bisnis data center sangat cerah dan menjanjikan di Indonesia, khususnya jika memenuhi persyaratan standar yang tinggi dari para penyedia cloud dan pengguna content dari luar negeri, sebagaimana juga dari perusahaan-perusahaan besar Indonesia.

Adapun, hal yang menjadi alasan utama kolaborasi antara Mitsui dan MKI adalah untuk mengantisipasi implementasi dari Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012, yang mewajibkan setiap perusahaan penyedia data elektronik di Indonesia untuk menempatkan data nya di Data Center yang berlokasi di Indonesia.

"Kami sangat optimis bahwa kerjasama dengan Mitsui dan MKI di GTN akan mempercepat peningkatan kualitas data center di Indonesia, khususnya dalam mengantisipasi dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2015," terang dia.

Pengalaman Mitsui dalam pengembangan investasi bisnis strategis serta keahlian MKI di bidang pengembangan layanan data center dan cloud computing memperkuat keyakinan Perseroan bahwa ke depannya GTN akan mampu menjadi penyedia layanan data center yang berkualitas. Yakni yang telah terbukti kehandalannya dan memiliki teknologi, tenaga kerja dan ahli terbaik yang kompeten di bidangnya, serta pengelolaan bisnis yang mengacu pada best practice management.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×