Reporter: Fransiska Firlana | Editor: Test Test
Bagi pebisnis rental mobil, masa Lebaran adalah masa menuai panen besar. Biasanya, penyewa untuk kebutuhan mudik melonjak drastis. Dus, pengusaha-pengusaha rental mobil pun siap-siap injak pedas gas dalam-dalam agar laju laba kian kencang.
Dua perusahaan rental mobil yang sudah siap menginjak pedal gas adalah Cipaganti dan Toyota Rent A Car (TRAC). Cipaganti, misalnya, mengaku sudah menyiapkan strategi agar penyewa membludak. “Ini perusahaan jasa, jadi yang utama adalah kenyamanan penumpang,” kata Bambang Suseno, Area Manager Jakarta-Priangan Cipaganti.
Lebaran tahun ini, Cipaganti menyediakan 40 unit untuk area Jakarta dan 50 unit untuk area Bandung. Banderol sewanya Rp 3,5 juta– Rp 4,5 jt per unit tiap satu minggu. Itu adalah banderol harga baru setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada akhir Mai 2008. “Mau nggak mau harus naik. Waktu harga BBM naik, otomatis harga suku cadang juga naik,” tambah Bambang. Kenaikan harga tersebut juga terpengaruh lonjakan pembayaran pajak, semula 3,5% jadi 4%.
Dengan tarif ini, Bambang yakin gerobak-gerobak besinya tetap akan laris manis. Apalagi, Cipaganti sudah punya pelanggan dari tahun ke tahun. “Sebelum kita membuka paket lebaran, order sudah membludak," katanya.
Khusus Lebaran tahun ini, Cipaganti hanya menyediakan jenis Kijang Innova yang menjadi favorit kendaraan keluarga. Bambang mengklaim, Cipaganti menyediakan layanan lebih. Misalnya, service 24 jam on call, dan general cek up per unit. Lebaran 2008, Cipaganti menargetkan mampu meraup omzet Rp 160 juta. Sampai saat ini, target yang sudah terkejar sekitar 15%.
Yang juga mencoba mengadu untung adalah TRAC. Perusahaan ini menyewakan mobil dengan sistem paket, yakni paket empat hari, tujuh hari, dan 10 hari. TRAC menawarkan jenis mobil beragam. Untuk jenis Avanza G, umpamanya, tarif sewa per unitnya Rp 3 juta per minggu. Sedang Alphard Rp 13, 9 juta per pekan.
Menurut Ari Ghufroni, Sales Manager TRAC Sudirman, Jakarta Pusat, karena adanya penambahan unit, harga sewanya pun tidak banyak naik. "Bahkan untuk Avanza G harga sewanya justru turun," katanya. Lebaran 2007, banderolnya Rp 2 juta per empat hari, namun tahun ini Rp 1,8 juta per empat hari.
TRAC sudah menyiapkan 250 armada selama Lebaran 2008, dengan total penyediaan secara nasional menyewakan 17.000 unit. Pemesan individu lebih sedikit daripada pemesan dari perusahaan-perusahaan. Perbandingannya 40% dan 60 %. Makanya, agar pasar lebih luas, TRAC berusaha menggaet keluarga kecil yang mau mudik dengan mobil jenis sedan yang stoknya masih banyak. Mereka juga menyediakan diskon 10% bagi penyewa. Sampai kini, TRAC sudah meraup laba 30% dibanding tahun lalu. Permintaan mulai naik sejak Agustus lalu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News