kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Natal dan tahun baru, trafik Telkomsel tumbuh 21,3%


Rabu, 02 Januari 2019 / 19:31 WIB
Natal dan tahun baru, trafik Telkomsel tumbuh 21,3%
ILUSTRASI. Tayangan One Championship pada aplikasi Maxstream


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perayaan natal dan tahun baru 2019 merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh semua kalangan dalam melakukan berbagai kegiatan terutama dalam hal telekomunikasi. Hal tersebut terbukti dengan naiknya trafik telekomunikasi beberapa perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel.

Pada momen pergantian tahun tersebut tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 17,2 petabyte atau meningkat 21,3% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018 Sementara jika dibandingkan dengan periode tahun baru 2018, trafik layanan data kali ini melonjak 61,7%.

Adapun wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi berada di kawasan Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan peningkatan 27,6% dibandingkan hari normal. Diikuti Jawa Barat sebesar 26,8% dan Sumatera Utara sebanyak 24,0%.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, tingginya peningkatan trafik layanan data karena meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru.

"Tidak hanya itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (2/1). Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 33,4%.

Selain itu, kata Denny pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial dengan kontribusi sebesar 32,5% serta komunikasi berbasis teks, panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17,0% terhadap penggunaan layanan data.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia.

Optimalisasi jaringan telah dilakukan di 628 titik keramaian utama seperti seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan, termasuk 13 titik yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan dan 49 pusat perbelanjaan.

Beberapa aktivitas yang dilakukan Telkomsel di antaranya mengerahkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau Mobile BTS, secara khusus Telkomsel membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

“Kami bersyukur berbagai upaya persiapan dalam momen pergantian tahun sudah dilakukan. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan agar semakin nyaman dalam menggunakan layanan-layanan dari Telkomsel kapan pun dan di mana pun,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×