kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Net Visi Media (NETV) Klaim Kuasai 20% Market Share Pemirsa YouTube Indonesia


Jumat, 08 Juli 2022 / 20:36 WIB
Net Visi Media (NETV) Klaim Kuasai 20% Market Share Pemirsa YouTube Indonesia
ILUSTRASI. Net Visi Media (NETV) menyebut telah menguasai lebih dari 20% pangsa pasar pemirsa Youtube Indonesia.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Net Visi Media Tbk (NETV) memacu  lini usaha media digital. Pada platform Youtube, emiten media berkode saham NETV tersebut mengklaim telah menggenggam lebih dari 20% pangsa pasar pemirsa Youtube Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama NETV, Deddy Hariyanto dalam acara public expose yang disiarkan virtual, Jumat (8/7).

“Net sudah hadir dalam bentuk channel-channel Youtube yang merupakan salah satu  channel-channel terbesar di seluruh Indonesia dengan (lebih dari) 40 juta subscriber dan 18 juta unique user setiap bulannya. (Net) sudah memiliki  pangsa pasar lebih dari 20% dari seluruh pemirsa Youtube di Indonesia,” ungkap Deddy, Jumat (8/7).

Mengutip catatan internal NETV, data jumlah subscriber NETV pada platform Youtube sudah mencapai 45,54 juta subscriber per Desember 2021. Jumlah tersebut sudah mengungguli jumlah subscriber channel free-to-air (FTA) lainnya di platform Youtube yang berjumlah 33,55 juta atau kurang dari itu per Desember 2021.

Baca Juga: Meraba Prospek Saham Emiten Media, Mana yang Menarik untuk Dilirik?

Masih berdasarkan sumber data yang sama, jumlah penayangan atau views NETV secara kumulatif di platform Youtube, menurut catatan NETV, juga mengungguli channel FTA lain dengan capaian 21,1 miliar per Desember 2022. Jumlah tersebut melampaui jumlah akumulasi views channel youtube FTA lainnya yang berjumlah 19,20 juta atau kurang dari itu per Desember 2021.

Capaian penetrasi NETV di platform Youtube ditopang oleh sejumlah program acara unggulan, salah satunya konten eksklusif digital Tonight Show Premiere yang menurut catatan NETV meningkatkan basis pemirsa perusahaan secara signifikan.

Sedikit gambaran, berdasarkan data NETV, total penayangan kumulatif Tonight Show Premiere sudah mencapai 170.126.883 sampai dengan Desember 2021 dengan jumlah rata-rata penayangan atau average views sebesar 1.604.970 per video.

“Pada platform Youtube kami sudah memiliki basis pemirsa yang cukup besar, dilihat dari jumlah subscriber dan jumlah views secara kumulatif yang merupakan salah satu terbesar di Indonesia,” tutur Deddy.

Upaya penetrasi NETV di lini usaha media digital tidak hanya bertumpu pada platform Youtube semata. Pada Mei 2022 lalu, NETV juga telah meluncurkan platform over-the top (OTT) NET Verse.

Setelah kurang dari 2 bulan berselang, total pengguna aplikasi video digital tersebut sudah hampir mencapai 300.000 pengguna, menurut klaim Deddy. NETV sendiri sudah menyiapkan siasat untuk bersaing dengan platform-platform OTT lainnya.

Deddy berujar, NETV berstrategi untuk terus menghadirkan konten-konten yang relevan yang dekat dengan pemirsa-pemirsa Net Verse.

“Di entertainment talk show, sudah hadir dengan Tonight Show Premiere, Talkpod, konten musik, dan yang paling terbaru dalam hal ini sebuah reality show dating show yang kami beri judul Match Island yang akan memasuki episode finale dalam minggu-minggu ini dan akan kami lanjutkan dengan season berikutnya,” ujar Deddy.

Baca Juga: Surya Citra Media (SCMA) Bagikan Dividen Rp 184,92 Miliar dari Laba 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×