kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nielsen Beberkan Tren Perilaku Konsumen Saat Momen Ramadan di Masa Pandemi


Kamis, 24 Maret 2022 / 16:13 WIB
Nielsen Beberkan Tren Perilaku Konsumen Saat Momen Ramadan di Masa Pandemi


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan selalu berdampak terhadap kebiasaan konsumen, bukan hanya dari aktivitas sehari-hari, melainkan juga dalam waktu atau jenis media yang mereka konsumsi.

Data dari Nielsen Television Audience Measurement yang dilakukan di 11 kota besar di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan konsumsi televisi selama masa Ramadan dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Masa Ramadan selalu mendorong kepemirsaan televisi, khususnya saat sahur, menjelang berbuka, dan setelah salat tarawih.

Khusus di jam sahur, peningkatan pemirsa dapat mencapai lebih dari tujuh kali lipat. Sedangkan jenis program yang menunjukkan peningkatan konsumsi di masa Ramadan tentunya adalah program religius, di samping adanya program anak-anak dan hiburan (entertainment).

Baca Juga: Jelang Ramadan, Toshiba Luncurkan Tiga Kulkas Baru

Walaupun Ramadan selalu mendongkrak kepemirsaan, Nielsen juga mencatat angka TV Rating (TVR) di tahun 2021 lalu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan masa Ramadan sebelum pandemi di tahun 2019.

Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital yang sangat terakselerasi sejak pandemi di tahun 2020.

Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar menunjukkan, adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa Ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019 yang mana masing-masing naik sebesar 24% dan 35%.

Masyarakat mencari sumber hiburan baru di media digital selama masa Ramadan yang terlihat dari aktivitas yang mereka lakukan. Menonton video, berbelanja secara online, mendengarkan musik, dan bermain games adalah aktivitas yang kami catat mengalami peningkatan paling signifikan. 

Dari sisi kebiasaan, Nielsen juga mencatat adanya hobi-hobi baru yang muncul selama pandemi dan kemungkinan akan tetap bertahan walaupun masa pandemi telah berakhir, seperti memasak dan juga berkebun. Secara perlahan aktivitas berolahraga juga menunjukkan peningkatan di tahun 2021, khususnya yang tipenya perorangan seperti jogging.

Sejumlah perilaku konsumen mengalami beberapa perubahan seperti konsumsi media, kebiasaan dalam berbelanja, dan aktivitas olahraga pada periode tersebut.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022 Diizinkan, Ini Jadwal Libur dan Tanggal Merah Idul Fitri 2022


Tag


TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×