kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nikon menggarap pasar action camera


Selasa, 17 Januari 2017 / 17:04 WIB
Nikon menggarap pasar action camera


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Meski penggunaan kamera ponsel sudah makin jamak lantaran kualitasnya yang sudah cukup baik, namun pasar kamera di Indonesia diprediksi masih bertumbuh.

Sukimin Thio, Sales and Marketing Division Head PT Nikon Indonesia mengakui pasar kamera saku digital mengakui secara kuantitas proporsi penjualan pasti turun. Penggunaan kamera digital memang tergerus penjualannya karena makin tingginya penggunaan kamera pada ponsel.

"Akan tetapi kamera SLR masih banyak dicari oleh konsumen pemula," tutur Sukimin akhir pekan lalu. 

Untuk tahun ini, perusahaan kamera asal Jepang tersebut masih mengutamakan kamera tipe single-lens reflex (SLR) dan kamera mirrorless. Terbaru, Nikon akan mencoba pasar baru di action camera. Kamera ini biasanya digunakan untuk aktivitas luar ruangan seperti hiking, bersepeda, berenang dan lainnya. 

"Bulan depan kami akan luncurkan tiga jenis action camera. Mudah-mudahan bisa memperbaiki penurunan penjualan dari kamera saku," kata Sukimin.

Ini sebagai langkah Nikon yang ingin mengubah posisi brand yang lebih dikenal ke kalangan profesional dan menjadi ke arah kalangan pembeli pertama atau segmen kaum muda. Salah satu caranya dengan mengejar segmen konsumen berumur 18 - 24 tahun. Kemudian baru yang berusia 25-35 tahun.

Produk action camera diprediksi memiliki potensi pasar yang cukup baik. Sudah banyak action camera yang murah, tapi kualitasnya belum terlalu baik. Rencananya, produk ini komponennya akan diimpor dari Jepang dan akan dirakit di pabrik perakitan PT Nikon Indonesia di Kramat Jati.

Menurut Sukimin pertumbuhan penjualan kamera SLR tahun lalu naik 10% dan penjualan kamera saku turun 25%. Meskipun secara kuantitas jumlahnya belum setinggi kamera saku, penjualan kamera mirrorless justru naik dua kali lipat. Sehingga proporsi penjualan Nikon tahun 2016 dari segmen SLR mencapai 50%, kamera compact 30%, dan kamera mirrorless 20%.

Dengan peluncuran action camera proporsi penjualan Nikon diprediksi akan berubah. Ditargetkan pada tahun pertama, penjualan action camera bisa mencapai 15% dari total penjualan dari Nikon. Sedangkan untuk kamera saku proporsi penjualan menjadi 15%, kamera mirrorless 20%, dan kamera SLR sebanyak 50%.

"Target penjualan kami masih bisa naik 15% dibanding tahun lalu," kata Sukimin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×