kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,04   5,70   0.63%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nissan targetkan penjualan tahun ini naik 10%


Jumat, 05 Februari 2016 / 11:10 WIB
Nissan targetkan penjualan tahun ini naik 10%


Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Agen pemegang merek (APM) mobil PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menargetkan penjualan tahun ini bisa meningkat 10% dibandingkan pencapaian 2015. Target Nissan ini lebih tinggi dari target penjualan rata-rata industri sebesar 5%.

Stephanus Ardianto, Presiden Direktur PT NMI bilang, optimisme kenaikan penjualan ini mengacu proyeksi perbaikan ekonomi Indonesia. "Secara angka kami targetkan naik sekitar 50.000 unit tahun ini," kata Stephanus kepada KONTAN, Kamis (4/2).

Meski awal tahun 2016 ini Nissan belum merasakan kenaikan penjualan mobil yang berarti, namun Stephanus yakin, pasar otomotif sepanjang tahun ini bisa positif. Adapun segmen mobil yang menjadi andalan Nissan tahun ini adalah, mobil multi purpose vehicle (MPV) yakni Grand Livina, setelah itu sport utility vehicle (SUV) X-Trail dan city car Nissan March. 

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2015, Nissan mencatat penurunan penjualan 24% jadi 25.108 unit ketimbang angka penjualan periode tahun 2014 sebanyak 33.286 unit. 

Grand Livina masih menjadi tulang punggung dengan penjualan 8.283 unit. Angka ini turun 47% dari penjualan tahun 2014 sebanyak 15.716 unit. Sedangkan X-Trail terjual 7.705 unit, naik 87% dari penjualan tahun 2014 sebanyak 4.112 unit. Sementara penjualan March turun 25% menjadi 4.564 unit di 2015.

Beruntung, Nissan masih punya saudara di Indonesia, yakni Datsun yang mendongkrak penjualan dengan kenaikan 43% menjadi 29.358 unit ketimbang penjualan tahun 2014 sebanyak 20.520 unit. 

Stephanus bilang, tahun ini segmen pasar mobil yang bisa mendongkrak kinerja penjualan adalah mobil SUV dan Crossover. Adapun di segmen low cost green car (LCGC), Nissan berencana memperluas ekspor ke ASEAN. "Tahun ini kami incar Filipina dan Vietnam," katanya.

Sebelumnya, Datsun sudah ekspor ke Thailand dan Malaysia. Sebagai informasi, porsi ekspor berkontribusi 5% ke pendapatan NMI. Penjualan terbesar masih dari penjualan mobil di pasar domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×