kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nusantara Pelabuhan Handal (PORT) terus dorong optimalisasi keunggulan pelayanan


Kamis, 04 November 2021 / 14:11 WIB
Nusantara Pelabuhan Handal (PORT) terus dorong optimalisasi keunggulan pelayanan
ILUSTRASI. Terminal peti kemas yang dioperasikan oleh PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT)


Reporter: Amalia Nur Fitri, Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) atau NPH, perusahaan yang berfokus pada bisnis operator pelabuhan serta penyediaan dan pemeliharaan alat-alat pelabuhan, terus menjaga dan meningkatkan keunggulan pelayanan (service excellence) melalui berbagai pembaharuan dalam layanan perusahaan, di tengah terus berkembangnya industri.

Direktur Utama NPH Paul Krisnadi mengatakan, service excellence selalu menjadi keunggulan dan fokus utama NPH.

“Kami terus berusaha untuk meningkatkan mutu layanan dan produktivitas demi kemudahan para pelanggan kami. Ini dibuktikan dengan kapasitas handling kami yang unggul di lapangan,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (4/11).

Efisiensi dan produktivitas NPH sekitar 60 box per jam operasi kapal telah sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor, termasuk tenaga yang terlatih serta sistem operasi terminal yang handal untuk mendukung operasi.

Baca Juga: Akibat pandemi, kinerja Nusantara Pelabuhan Handal (PORT) masih akan terhambat

 

Selain itu, dalam menghadapi dinamika industri dan mengakomodasi perkembangan teknologi digital di masa kini dan masa mendatang, NPH juga tengah menyusun roadmap atau peta jalan terkait otomatisasi di sektor-sektor pendukung industri pelabuhan.

“Kami sudah memulai proses brainstorming terkait otomatisasi proses bisnis di luar perusahaan. Salah satu contohnya adalah dalam urusan penerbitan dokumentasi dan pembayaran jasa, otomatisasi dapat dimanfaatkan untuk menyingkat waktu dan menyederhanakan proses,” ungkap Paul Krisnadi.

Di lain pihak, perusahaan pelayaran sebagai pelanggan utama NPH telah membangun sistem yang memungkinkan para pemilik barang memberikan instruksi pengapalan dan melakukan pembayaran atas jasa pengapalan secara on line. Tentunya proses dokumentasi dan pembayaran di tempat tujuan juga dapat dilakukan secara on line.

Selain kedua contoh tersebut, ruang pemanfaatan otomatisasi dan digitalisasi di industri pelabuhan masih terbuka lebar. NPH menyadari pentingnya pengintegrasian bisnis proses yang berhubungan dengan industri pelabuhan untuk meningkatkan efisiensi industri pelabuhan dan logistik.

Selanjutnya: Gagal tangani wabah baru COVID-19, belasan pejabat daerah di China dipecat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×