kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OLX Autos Indonesia Optimis Pasar Mobil Bekas Tumbuh Jelang Ramadhan dan Lebaran


Minggu, 05 Maret 2023 / 19:57 WIB
OLX Autos Indonesia Optimis Pasar Mobil Bekas Tumbuh Jelang Ramadhan dan Lebaran
OLX Autos Indonesia Optimis Pasar Mobil Bekas Tumbuh Jelang Ramadhan dan Lebaran


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. OLX Autos Indonesia optimistis bahwa pasar mobil bekas akan tumbuh jelang Ramadan dan Lebaran tahun ini. Momen ini biasanya menjadi waktu yang tepat bagi masyarakat Indonesia untuk membeli mobil bekas. 

Direktur Pemasaran OLX Autos Indonesia, Sandy Maulana, mengatakan bahwa kenaikan harga mobil bekas menjelang Ramadan masih normal, seperti periode lainnya, karena pasokan mobil bekas masih cukup banyak di pasaran.

"Berdasarkan survei OLX Autos, pada tahun 2022, sebanyak 72% masyarakat Indonesia memilih untuk membeli mobil bekas pada periode menjelang Hari Raya Lebaran," ujar Sandy kepada Kontan, belum lama ini. 

Baca Juga: Harga Mobil Baru Rp 200 Jutaan: Xpander Masih Naik, Alvez Masuk Daftar

Selain dipengaruhi oleh besarnya minat masyarakat dan jumlah mobil bekas yang tersedia, besarnya permintaan mobil bekas setiap wilayah juga didorong oleh Produk Domestik Regional Bruto masing-masing wilayah.

Hasil survei yang dilakukan oleh OLX Autos pada akhir tahun 2022 menunjukkan bahwa wilayah Jabodetabek menempati urutan pertama untuk permintaan mobil bekas diikuti oleh Jawa Timur dan Jawa Barat.

Berdasarkan survei OLX Autos, rata-rata harga mobil bekas yang paling banyak dicari berkisar antara Rp100 juta - Rp200 juta atau sekitar 38%, disusul oleh mobil bekas dengan harga di bawah Rp100 juta atau sekitar 34%. 

Mobil tipe MPV menempati posisi pertama sebagai tipe mobil yang paling banyak diminati, diikuti oleh tipe mobil SUV dan Sedan. Toyota merupakan merek mobil paling populer sepanjang tahun 2022 diikuti oleh Honda, Suzuki, Daihatsu, dan Nissan. 

Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga merupakan mobil MPV yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2022. 

Baca Juga: Mantan Kepala Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto Diperiksa KPK Pekan Depan

Sedangkan Honda City, Toyota Vios, dan Honda Civic menjadi mobil Sedan yang paling diminati, dan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Rush menjadi mobil SUV yang paling diminati. 

Warna mobil bekas yang paling dicari adalah hitam, putih, dan silver.

OLX Autos Indonesia tetap optimis bahwa penjualan mobil bekas akan tetap tumbuh positif meskipun terdapat krisis ekonomi yang melanda Indonesia. 

Hal ini didukung oleh beberapa faktor, seperti semakin pulihnya ekonomi Indonesia berkat menurunnya kasus COVID-19, banyaknya mobil-mobil baru yang masuk ke pasar Indonesia, dan pergerakan ekonomi yang mulai terlihat setelah aturan PPKM secara resmi dicabut oleh pemerintah.

Dengan mendekati bulan Ramadhan, OLX Autos Indonesia melihat momen ini sebagai waktu dimana transaksi mobil bekas meningkat, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×