kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.966.000   6.000   0,31%
  • USD/IDR 16.802   80,00   0,47%
  • IDX 6.753   30,10   0,45%
  • KOMPAS100 974   6,17   0,64%
  • LQ45 757   3,10   0,41%
  • ISSI 215   1,68   0,79%
  • IDX30 393   1,30   0,33%
  • IDXHIDIV20 470   -0,76   -0,16%
  • IDX80 110   0,71   0,65%
  • IDXV30 115   -0,32   -0,28%
  • IDXQ30 129   0,10   0,08%

OLX dan Elevenia sinergi tingkatkan pendapatan


Minggu, 12 Juni 2016 / 22:13 WIB
OLX dan Elevenia sinergi tingkatkan pendapatan


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. OLX dan Elevenia, dua e-commerce dengan model bisnis berbeda, saling bekerja sama lewat program #UpgradeJadiHepi. OLX yang berpengalaman menjalankan e-commerce berbentuk iklan baris bersimbiosis mutualisme dengan Elevenia yang berjualan dengan model bisnis marketplace.

Program yang berlangsung sejak 13 Juni 2016 sampai 25 Juli 2016 ini bermaksud untuk meningkatkan trafik maupun transaksi di kedua belah pihak. Caranya, setiap pengguna yang menggunakan fitur premium di OLX akan mendapatkan voucher diskon belanja di Elevenia sebesar Rp 150.000.

Promosi ini memanfaatkan perilaku konsumen menjelang Ramadan. Biasanya sebelum Ramadan, masyarakat menjual barang miliknya untuk di-upgrade jadi barang baru. Umumnya, handphone yang sekarang dimiliki dijual supaya uangnya bisa digunakan untuk membeli yang baru.

Di sinilah OLX sebagai situs iklan baris mengambil peran. Penjual bisa menjual barang bekasnya dengan fitur premium OLX. Kemudian, dengan voucher yang diperoleh, mereka bisa berbelanja barang baru di marketplace di Elevenia.

Keuntungan bagi OLX, program ini bisa mendongkrak jumlah penjual premium yang masih belum banyak. Saat ini jumlahnya baru 5% dari total 4 juta iklan yang tayang di OLX tiap bulannya.

Tentu ini lebih menguntungkan OLX ketimbang penjual yang menggunakan freemium semata. Apalagi, sebagai startup, OLX tahun ini masuk ke tahap monetisasi. Makanya, OLX merancang cara untuk mendongkrak pendapatan.

Fitur premium yang dimiliki OLX mempercepat masa penjualan. Dengan kesempatan tayang paling atas selama sepekan, barang bisa terjual empat kali lebih cepat dibanding yang freemium.

Tidak hanya meningkatkan pengguna premium, jumlah transaksi secara keseluruhan pun diharapkan ikut meningkat. “Target kami jumlah transaksinya naik 30% selama bulan Ramadan,” kata David Alexander, Head of Business Development OLX Indonesia di Jakarta, Jumat (10/6).

Sementara, bagi Elevenia dengan adanya program ini tidak hanya meningkatkan jumlah transaksi tapi juga bisa membantu meningkatkan trafik situs.

“Kalau dari kami, keuntungannya didapat dari new buyer dan memperluas channel penjualan kami,” kata Madeleine Ong De Guzman, Vice President Marketing Elevenia.

Program ini diharapkan membantu Elevenia mencapai target sepanjang Ramadan. “Ramadan kali ini kami perkirakan jumlah transaksinya dan trafik jadi double dibanding bulan biasanya,” jelas Madeleine.

Kerja sama ini didorong oleh keterbatasan keduanya. Sebagai situs iklan baris yang sudah memiliki trafik tinggi, sulit bagi OLX untuk meningatkan lagi trafiknya. Demikian juga Elevenia yang kesulitan berkompetisi dengan marketplace sejenis.

“OLX sudah masuk monetisasi dan mereka mulai berupaya meningkatkan pendapatan. Sebagai e-commerce nomor satu, mereka sudah mendapatkan cukup banyak pelanggan. Sedangkan pasar kami tidak terlalu besar karena sudah terlalu banyak pemain marketplace,” kata James Lee, Chief Executive Officer Elevenia.

James mengatakan, di tengah persaingan e-commerce, tidak bisa semua pemain bisa bertahan. Makanya perlu ada kerja sama antar pemain.

“Dengan model bisnis dan profil konsumen yang berbeda, kami bisa bersinergi,” kata James.

Chief Executive Officer OLX Indonesia Daniel Tumiwa pun sependapat. “E-commerce di Indonesia banyak yang tidak konsisten memilih model bisnis. Lebih baik sederhana saja, daripada banyak kompetitornya. Kami akan konsisten dengan C2C exchange dan Elevenia dengan marketplacenya,” kata Daniel.

“Kami tidak akan masuk ke penjualan barang bekas seperti OLX, makanya kami kerja sama dengan OLX,” tambah Madeleine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×