kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Omron luncurkan robot disinfeksi UVC


Minggu, 26 Juli 2020 / 12:56 WIB
Omron luncurkan robot disinfeksi UVC
ILUSTRASI. Robot disinfektasi produksi Omron


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Omron Asia Pasifik, perusahaan global di bidang solusi otomasi industri, kini mulai memperluas produknya di bidang disinfeksi UVC dengan meluncurkan robot LD-UVC di Indonesia dan di seluruh wilayah Asia Pasifik. Adapun upaya ini seiring dengan kebutuhan disinfeksi di era pasca corona. 

Asal tahu saja, robot ini merupakan kreasi bersama dengan Techmetics Robotics yang merupakan pelopor dalam robot pelayan otonom yang memungkinkan sebuah organisasi dapat memerangi penyebaran penyakit menular secara efektif dan mudah. 

Paparan cahaya UVC terbukti secara efektif dapat memecah patogen DNA dan RNA sehingga mampu menghentikan patogen tersebut untuk berkembang ataupun melakukan replikasi. 

Baca Juga: Omron resmi buka fasilitas automation di Singapura

Adapun LD-UVC dari Omron mampu bernavigasi secara otonom dan mendisinfeksi tempat atau area yang memiliki intensitas tinggi tersentuh oleh manusia dengan menghilangkan 99,90% bakteri dan virus baik yang penyebarannya melalui udara ataupun dari tetesan (droplet) cairan dengan memberikan dosis UVC secara tepat. 

Selain itu, robot ini juga dilengkapi laser dan sensor yang mampu mendetaksi dan menghindari rintangan ketika robot LD UVC melakukan manuver di area koridor, elevator, dan pintu otomatis tanpa hambatan. Selain itu, sensor juga berfungsi mematikan sinar UVC jika robot mendeteksi kehadiran manusia. 

Takehito Maeda, Direktur Pelaksana Bisnis Otomasi Industri Omron Asia Pacific menyatakan pentingnya sanitasi dan disinfeksi di era pasca Covid-19. 

"Kami yakin robot akan memberikan nilai besar bagi organisasi yang berjuang untuk menemukan solusi yang tepat, efektif dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama untuk mendisinfeksi tempat mereka sehingga dapat memberikan rasa aman dan bebas dari kuman," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/7). 

Maeda menyatakan Omron berupaya untuk berkolaborasi dengan mitra yang handal dan memiliki pemikiran yang sama untuk menghasilkan solusi inovatif. Salah satu bentuk kolaborasinya yang dilakukan Omron adalah dengan  Techmetics Robotics. 

Mathan Muthupillai, Pendiri dan CEO Techmetics Robotics menyatakan Omron adalah salah satu mitra terpercaya sebagai penyedia robot mobil. 

Baca Juga: Omron kenalkan robot kuli panggul

"Dengan diperkenalkannya aplikasi UVC, kami telah melakukan lompatan yang signifikan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan sosial yang sangat penting dengan memberdayakan organisasi dengan solusi canggih dan efektif untuk mencegah serta mengurangi ancaman Covid-19," ujarnya. 

Integrasi teknologi UVC hanyalah contoh lain dari fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang melekat pada robot mobil Omron. Dengan basis pemasangan terbesar di dunia, robot mobil Omron telah digunakan di ribuan aplilkasi di berbagai industri seperti penanganan material, hospitality dan manufaktur otomotif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×