kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

On-Trucks siap berperan membangun ibu kota baru


Senin, 11 November 2019 / 21:47 WIB
On-Trucks siap berperan membangun ibu kota baru
Dari kanan: Chief Executive Officer & Founder PT Phos Tekno Indonesia (On-Trucks) Yohannes Rocky, General Chairman of Indonesian Logistics and Forwarder Association (ILFA/ALFI) dan Chairman of the ASEAN Federation of Forwarders Association (AFFA) Yukki Nu

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Phos Tekno Indonesia (On-Trucks) mendukung rencana pemerintah untuk melakukan pemindahan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa. Selain bentuk sinergi untuk mewujudkan visi Indonesia sentris, kebijakan pemerintah tersebut juga merupakan bagian dari pemerataan ekonomi, pembangunan, dan pendidikan. 

Yohanes Rocky, Chief Executive Officer (CEO) On-Trucks mengatakan, sebagai perusahaan perintis penyedia platform solusi layanan logistik, On-Trucks memiliki tujuan untuk Satukan Nusantara dengan memberikan kemudahan dalam layanan logistik hingga ke seluruh wilayah nusantara. 

Tujuan itu sejalan dengan rencana pemerintah yang berencana memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. "Kami siap untuk ikut andil dalam pembangunan Ibu Kota baru. Sehingga, akan tercipta pemerataan dalam berbagai aspek, seperti ekonomi dan pembangunan,” jelas Yohanes dalam seremonial peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 On-Trucks di Jakarta, Kamis (11/11).

Menurut Yohanes, wujud kesiapan On-Trucks untuk berkontribusi pada pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur adalah dengan kesigapan layanan, jaringan armada yang mumpuni, hingga melakukan survei ke tanah Borneo. Ini untuk melakukan pemetaan secara teknis dan bisnis. “Tim On-Trucks telah datang dan melakukan penjajakan ke Kalimantan untuk melihat sejauh mana kemungkinan perluasan jaringan dan relasi di Kalimantan Timur,” tambah Yohanes Rocky.

Yukki Nugrahawan Hanafi selaku Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), yang turut hadir sebagai Motivator Speaker pada acara HUT ke-3 On-Trucks, mengatakan bahwa fokus pemerintah untuk membangun Ibu Kota di Kalimantan tidaklah mudah. Meski begitu, upaya pemerintah harus didukung penuh oleh semua elemen masyarakat. 

“Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan akan membawa kemajuan tersendiri bagi dunia usaha logistik, khususnya di Kalimantan. Harapan kita bersama adalah terwujudnya perbaikan ekonomi,” tutur Yukki yang juga merupakan Chairman ASEAN Federation of Forwarders Association (AFFA).

Keyakinan On-Trucks untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota baru, didukung oleh kinerja perusahaan yang semakin positif. Peningkatan kinerja On-Trucks tentu saja tidak dapat terlepas dari peranan para Shareholders yang melakukan monitoring secara berkala, dan selalu support terhadap perkembangan On-Trucks. 

“Secara Performance, On-Trucks terus melakukan improvisasi pada aspek bisnis dan pengelolaan internal, hal ini terbukti dari total transaksi On-Trucks yang terus meningkat.

Terhitung dari Januari 2019 hingga Oktober 2019, On-Trucks menorehkan peningkatan total transaksi hingga 20 kali lipat. "Kami terus berupaya meningkatkan transaksi dengan strategi yang telah dicanangkan,” ungkap Chief Operating Officer (COO) On-Trucks Teguh Siswanto.

Menambah kantor cabang

Memasuki usia ke-3, menurut Teguh, customer On-Trucks juga terus bertambah, dengan area support yang meluas. Selain Kantor Pusat di Jakarta, saat ini On-Trucks memiliki kantor cabang di Kota Semarang (Jawa Tengah), Kota Surabaya (Jawa Timur), juga kantor representatif di Sukabumi. 

Ketiga area yang dominan terhadap bisnis On-Trucks adalah Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Ketiga wilayah itu memiliki potensi dan nilai ekonomis yang cukup baik. Hal ini terlihat dari nilai perbandingan total perjalanan yang cukup kompetitif antar area secara bergantian. Tahun 2020, direncanakan On-Trucks akan membuka 15 kantor cabang di seluruh Indonesia,” imbuh Teguh. 

On-Trucks resmi diluncurkan pada November 2016, dan mendapatkan pendanaan inkubator dari Indigo Creative Nation-anak perusahaan PT Telkom Indonesia, pada April 2017. Saat ini On-Trucks memiliki sekitar 400 vendor perusahaan truk yang tersebarse-Indonesia, dengan total armada lebih dari 5.000 unit. 

Selain itu, aplikasi On-Trucks telah mencatat 4.000 unduhan, dengan lebih dari 3.000 user perusahaan ternama di seluruh Indonesia. Kepemilikan saham On-Truckssaat ini 100% dimiliki oleh putra-putri terbaik Bangsa Indonesia. 

Berbanding terbalik dengan Perusahaan rintisan atau startup yang kerap melakukan aksi bakar uang (burning money) untuk mengerek valuasi perusahaannya menjadi tinggi, justru saat ini On-Trucks sedang membuka peluang investasi dan pendanaan kepada investor, dimana dana tersebut digunakan bukan untuk dibakar (burning money). 

“Investasi dan Pendanaan dari investor adalah untuk pengembangan produk baru dan ekspansi ke seluruh Indonesia, sesuai dengan tagline #SatukanNusantara. Karena On-Trucks melakukan pola bisnis yang sehat tanpa burning money,” tutup Yohanes Rocky.

Dalam rangka Anniversary On-Trucks ke-3, maka On-Trucks memberikan promo diskon 11% kepada pengguna, untuk semua armada dan semua rute, yang berlaku dari 11 November 2019 hingga 11 Desember 2019, dengan Kode Voucher HUTONTRUCKS



Video Pilihan

TERBARU

×