Reporter: Eflin Gitarosalyn | Editor: Test Test
JAKARTA. Indonesia yang berpenduduk 220 juta memang surga bagi para perusahaan operator telekomunikasi. Buktinya, operator telekomunikasi tampaknya sudah bisa memenuhi target pelanggan 2008 sebelum Desember 2008.
Presiden Direktur PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Kiskenda Suriahardja bilang, pada akhir September 2008, total pelanggan Telkomsel akan mencapai 60 juta orang. Atau sudah memenuhi target 60 juta pelanggan pada akhir 2008. "Penurunan tarif banyak menolong," katanya, Kamis (25/9).
Telkomsel menargetkan penambahan pelanggan pada 2008 sebanyak 12,2 juta orang. Artinya, perusahaan yang 35% sahamnya dimiliki Singapore Telecomunications Ltd. itu menargetkan total pelanggan pada akhir 2008 sebanyak 60 juta, atau naik dari 47,8 juta pelanggan pada akhir 2007.
Padahal, sampai Juni 2008, total pelanggan Telkomsel baru mencapai 52,4 juta orang. Tapi, sejak Juli sampai September 2008, pertumbuhan pelanggan melesat 7,6 juta orang. Menurut Kiskenda, penurunan tarif menyebabkan kenaikan jumlah pelanggan dua kali lipat ketimbang tiga bulan pertama 2008.
Bukan hanya Telkomsel, PT Indosat Tbk tampaknya juga bakal memenuhi target 2008 tanpa harus menunggu sampai Desember. Sepanjang Januari 2008 sampai Juni 2008, Indosat menambah jumlah pelanggan sebanyak 7,8 juta, atau sudah memenuhi 65% dari target pelanggan 2008 sebanyak 12 juta orang. "Kami yakin bisa memenuhi sisanya," kata Fuad Fachroeddin, Group Head Integrated Marketing Indosat.
Menurutnya, salah satu program yang sukses mendongkrak jumlah pelanggan Indosat adalah program dari produk IM3. "Karena kami merancang program sesuai dengan kebutuhan pelanggan," ujarnya.
Sedangkan PT Excelcomindo Pratama (XL) Tbk, pada semester pertama 2008 sudah memiliki 22,9 juta pelanggan. Ini sama saja bertambah 7,4 juta orang ketimbang 2007 sebanyak 15,5 juta orang. Dengan begitu, XL sudah memenuhi 77% target pelanggan baru. XL menargetkan bisa meraih 25 juta pelanggan baru pada 2008. "Jadi tinggal sedikit lagi," kata Myra Junor, General Manager Corporate Communication XL. Padahal awalnya, XL menargetkan hanya meraig pelanggan baru 18,5 juta pelanggan pada 2008. Melihat prestasi ini, XL kemudian merevisi target itu.