Reporter: Aprillia Ika | Editor: Djumyati P.
JAKARTA. Persaingan antar operator telekomunikasi dalam menggaet pasar anak muda berlangsung ketat. Saban operator meluncurkan program paling inovatif yang mengikuti gaya hidup serta trend anak muda masa kini.
Salah satu operator yang sukses merangkul pangsa pasar anak muda adalah Indosat dengan kartu IM3. Sejak dulu, IM3 memang disasarkan untuk segmen anak muda. Tanggal 23 Februari 2009 lalu, operator ini meluncurkan program IM3 Groov3.
Dengan program anyar ini, Indosat membendel kartu perdana baru IM3 dengan tarif paket telepon, pesan pendek (SMS) dan internet dengan harga hemat. "Dengan program ini, kita ingin menunjukkan bahwa IM3 merupakan kartu anak muda yang paling lengkap dari segi SMS, voice atau internet," tukas Guntur Siboro, Direktur Marketing PT Indosat Tbk.
Beberapa keuntungan program IM3 Groov3 ini antara lain pelanggan IM3 dapat menikmati 400 SMS seharian ke semua operator antara pukul 00.00 sampai pukul 16.00. Caranya, tinggal mengetik SMS ke 303 dengan tarif Rp 1.500 per SMS.
Bagi pengguna lama, terdapat pilihan voucher isi ulang elektronik SMS bagi penyuka fitur SMS. Voucher SMS reguler dibanderol Rp 5.000 dengan harga SMS Rp 88 per SMS. Ada juga SuperVoucher berisi 200 SMS seharga Rp 8.000. Tarif SMS-nya Rp 40 per SMS. Terakhir, SuperVoucher 2000 SMS senilai Rp 30.000. Tarif SMS-nya Rp 15 per SMS.
Sementara bagi yang suka menelepon, terdapat tarif telepon Rp 0,1 per detik dan gampang SMS-an Rp 0,1 per SMS seharian. Namun, skema tarifnya berbeda di tiap daerah. Dus, pengguna IM3 lama yang suka internetan juga bakalan dimanja dengan tarif internet Rp 10 per 30 detik dengan kecepatan sampai 256 Kbps. Harga voucher isi ulangnya hanya Rp 5.000 dengan masa aktif lima hari.
Bagi pengguna baru, ada kartu perdana IM3 reguler. Dalam satu kartu ini, sudah termasuk pulsa Rp 5000, 100 menit internet gratis selama 15 hari, gratis 10 menit menelepon. Bonus tersebut berlaku setelah isi ulang pertama kali. Plus gratis 10 menit internet setiap isi ulang Rp 20.000.
Walaupun meluncurkan program IM3 Groov3 yang sarat nuansa anak muda, IM3 tidak menargetkan penambahan pengguna IM3 secara khusus. "Kita mencari pelanggan yang baik, bukan agresif menambah pelanggan yang bisa-bisa berpotensi," tegas Guntur. Apalagi, segala benefit dalam program IM3 Groov3 ini didapat pelanggan setelah melakukan isi ulang pertama kalinya. "Sebenarnya layanan ini lebih ditujukan kepada pelanggan yang sudah ada, karena mereka loyal menggunakan IM3," lanjut Guntur.
Saat ini, total pelanggan IM3 menurut Guntur sudah mencapai lebih dari 23 juta pelanggan. "Kami belum memberikan target jumlah pelanggan tahun 2009 ini," pungkas Guntur.
Tak hanya Indosat yang merasakan legitnya pangsa pasar anak muda. Operator sekelas XL dan Axis pun turut merasakannya.
Axis sendiri sudah melakoni program Axis Asix khusus untuk pelajar sekolah menengah sejak Agustus 2008 lalu. Program Asix ini sendiri merupakan jawaban Axis atas kebutuhan pengguna segmen pelajar yang memerlukan tarif SMS, telepon dan internet secara murah.
Pemasaran Axis melalui roadshow ke beberapa sekolah di kota-kota yang telah membuka layanan Axis. "selama ini, tanggapan murid-murid sekolah tersebut sangat bagus," ujar Anita Avianty, Head of Corporate Communications Axis.
Sayangnya, pihak Axis belum mengetahui secara pasti berapa pertumbuhan pengguna kartu Asix tersebut. "Kami tidak memilahnya secara khusus. Akan tetapi, total pelanggan kami saat ini lebih dari tiga juta pelanggan," ucap Anita.
Dalam satu kartu Axis Asix, starter pack dibanderol seharga Rp 6.000. SMS ke sesama Axis hanya Rp 1 per SMS sementara tarif voice hanya Rp 5 per detik. Untuk internetan, Axis memberikan gratis 1MB per hari. Di luar itu, tarif internet hanya Rp 0,5 per Kb.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News