kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45857,51   5,78   0.68%
  • EMAS926.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Optimistis, Digital Mediatama (DMMX) jaga tren pertumbuhan hingga akhir tahun


Selasa, 27 Juli 2021 / 16:42 WIB
Optimistis, Digital Mediatama (DMMX) jaga tren pertumbuhan hingga akhir tahun
ILUSTRASI. Aplikasi Pojok Bayar produk dari Digital Mediatama Maxima (DMMX)

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) cukup puas dengan kinerja keuangan sepanjang kuartal I-2021. Moncer di awal tahun, emiten yang bergerak di bidang usaha solusi pemasaran ritel dan pengembangan konten digital ini pun akan menjaga tren pertumbuhan kinerja tersebut agar berlanjut sampai tutup tahun ini.

Merujuk laporan keuangan, hingga Maret 2021, DMMX mencetak pendapatan sebesar Rp 180,7 miliar atau melesat 112% dibandingkan raihan pada kuartal I-2020 yang hanya Rp 85,23 miliar. Laba bersih tahun berjalan DMMX pun meningkat 16,45% dari Rp 8,81 miliar menjadi Rp 10,26 miliar pada tiga bulan pertama tahun ini.

Direktrur Utama Digital Mediatama Maxima Budiasto Kusuma optimistis, dengan sejumlah strategi ekspansi dan kolaborasi yang terus dijalankan, DMMX akan mampu mempertahankan tren pertumbuhan. Sehingga level kenaikan kinerja pada kuartal pertama bisa terjaga hingga akhir 2021. 

"Di kuartal pertama kami tumbuh lebih dari 100%, jadi itu yang akan kami pertahankan hingga akhir tahun ini. Kami akan kejar di level pertumbuhan tersebut," ungkap Budiasto dalam public expose yang digelar Selasa (27/7).

Baca Juga: Pendapatan dan laba bersih Digital Mediatama (DMMX) kompak meningkat pada kuartal 1

DMMX pun terus mengembangkan sejumlah layanan bisnis. Pertama, Managed Service (MS) dengan pelanggan ritel seperti Alfamart, Alfamidi, FamilyMart, Indomaret, Circle K, Djarum dan Lawson. Kedua, Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dengan klien seperti Alfamart, KFC, Denny's, BCA hingga Kimia Farma.

Ketiga, Advertising Exchange Hub (Adex) dengan pelanggan seperti Circle K, Mini Mart dan TransJakarta. Keempat, Trade Marketing & Marketplace Commerce denga klien Sampoerna Retail Community (SRC) dan Kios Warga. 

Segmen bisnis lainnya yang digarap DMMX adalah digital content & entertainment serta games & comic hub. Dalam segmen ini DMMX juga berkolaborasi dengan Bumi Langit dan DigiRANS.

Adapun mengenai kontribusi masing-masing segmen terhadap pendapatan dan laba, Direktur DMMX Supardi Tan menjelaskan bahwa pada periode kuartal pertama ini segmen trade marketing berkontribusi paling dominan terhadap pendapatan dengan 77,5%. Disusul hardware sales (16,7%), IaaS (4,3%), managed service (1,4%), dan advertising hub (0,2%).

Sedangkan untuk kontribusi terhadap gross profit, segmen hardware sales yang mendominasi dengan porsi 42,9%, diikuti IaaS (32,9%), managed service (15,2%), trade marketing (8,4%) dan advertising hub (0,6%).

Tak hanya dari sisi keuangan, Supardi menyampaikan bahwa kinerja operasional DMMX juga bertumbuh sepanjang periode tiga bulan pertama 2021. DMMX memiliki 13.476 sites atau tumbuh 83% secara year on year (yoy), 16.460 signages (tumbuh 69% yoy), dan memiliki 93.501 trade marketing members.

 

 

"Ini memberikan gambaran tren pertumbuhan yang sehat, baik dri operasional maupun performa finansial kami. Ini melanjutkan pertumbuhan dari tahun sebelumnya," ungkap Supardi.

Asal tahu saja, pada tahun 2020 DMMX mengempit pendapatan sebesar Rp 517,19 miliar, tumbuh 145,11% dari pendapatan DMMX di tahun sebelumnya. Sedangkan laba bersih DMMX pada 2020 tumbuh 92,69% menjadi Rp 31,91 miliar.

"Kami tahu saat pandemi 2020 semua susah secara bisnis. Tapi kami masih bisa bertumbuh hampir 100%, baik secara operasional maupun finansial. Ini membuktikan bahwa bisnis model yang dipilih DMMX cukup teruji untuk bertahan dalam situasi pandemi," pungkas Supardi.

 

Selanjutnya: Indeks PEFINDO25 dirombak, 10 saham ini terdepak

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×