kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrikan komponen siap panen dari LCGC


Selasa, 26 Maret 2013 / 10:57 WIB
Pabrikan komponen siap panen dari LCGC
ILUSTRASI. Munculnya jerawat pada pantat bisa dihindari dengan beberapa cara berikut ini


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Pabrikan komponen otomotif bakal mendapat berkah dari program mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang aturannya segera keluar.Beberapa perusahaan komponen otomotif sudah memiliki komitmen dengan pabrikan otomotif peserta LCGC.

Salah satunya adalah produsen kaca, PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG). Mereka bakal memasok kaca untuk mobil Agya besutan PT Toyota Astra Motor dan Ayla dari PT Astra Daihatsu Motor.

Menurut Rusli Pranadi, Direktur PT Asahimas Flat Glass Tbk, mereka akan meningkatkan kapasitas produksi kaca tahun ini mencapai 1,3 juta unit kaca atau naik 30% dari produksi 2012 yang sebesar satu juta unit. Ini sudah termasuk permintaan untuk produk mobil LCGC. "Pasokan untuk LCGC belum besar karena masih awal," katanya kepada KONTAN kemarin.

Sayang, ia tidak menyebutkan jumlah produksi kaca yang akan Asahimas pasok untuk mobil LCGC.

Yang jelas adanya order ini bisa mendongkrak kinjera mereka. Pasalnya, kontribusi pendapatan dari sektor otomotif lumayan banyak, yakni sekitar 30% dari total pendapatan mereka.

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) juga tak ketinggalan memasok bagi Agya dan Ayla.  Menurut Robby Sani, Presiden Direktur Astra Otoparts, mereka akan menyedikan sejumlah komponen untuk mobil LCGC ini, seperti baterai mobil, door lock, door frame dan beberapa komponen kecil lainnya.  "Kami telah menambah line produksi di pabrik khusus untuk LCGC," katanya ke KONTAN.
 
Penambahan lini produksi ini Astra Otopart lakoni di pabrik hasil kerjasama dengan PT Aisin Indonesia. Menurutnya, lini produksi baru ini  mulai memproduksi komponen LCGC tersebut bagi mobil murah produksi PT Astra Daihatsu Motor, yakni Agya dan Ayla.

Produsen radiator PT Selamat Sempurna pun sudah menjalin kerjasama dengan PT Astra Daihatsu Motor.  Rencananya, mereka akan memasok beberapa komponen seperti radiator dan penyaring udara. "Kini masih dalam proses," timpal Ang Andri Pribadi, Direktur Keuangan Selamat Sempurna

Untuk itu, lewat salah satu anak usahanya, yakni PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna, mulai tahun ini bakal memperbesar kapasitas produksi untuk membuat radiator.

Rencananya, kapasitas produksi dari perusahaan ini bakal mencapai 60.000 unit radiator per tahun. Secara total, kapasitas produksi radiator dari Selamat Sempurna mencapai 1,95 juta unit per tahun. "Saat ini, kami juga sedang menjajaki kerjasama dengan Suzuki untuk memasok komponen di program LCGC mereka," katanya.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi menyatakan, ada sekitar 35 industri komponen baru yang berinvestasi terkait dengan program LCGC sejak tahun lalu dengan nilai total sekitar Rp  4 triliun. Untuk tahun ini, ia perkirakan  bakal ada tambahan investasi komponen otomotif terkait program LCGC sebesar Rp 4 triliun lagi.

Pradipto Sugondo, Head Executive Research & Developmet PT Astra Daihatsu Motor menyatakan sekitar 85% dari produk Agya dan Ayla memakai komponen lokal. "Ada sekitar 100 vendor lokal yang terlibat untuk membuat mobil tersebut," katanya.

Selain Asahimas mereka juga melibatkan Mulia Glass. Untuk ban mengajak PT Gajah Tunggal Tbk dan PT Dunlop Tyres Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×