kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,23   -6,95   -0.75%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Pacu inovasi kendaraan listrik, Kemenperin dukung gelaran konversi skutik


Minggu, 30 Agustus 2020 / 20:10 WIB
Pacu inovasi kendaraan listrik, Kemenperin dukung gelaran konversi skutik
Skuter listrik karya Katros Garage dan Alitt Sutanto ini akan menjadi salah satu giveaway pada gelaran IMX 2020


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong sosialisasi pengembangan kendaraan listrik. Kali ini, usaha tersebut diwujudkan dengan menggandeng Indonesia Modification Expo (IMX) untuk mengonversi skuter matik (skutik) bermesin konvensional ke motor listrik.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, proyek konversi skutik sudah mulai dilakukan dan ditampilkan pada modifikator otomotif, Alitt Susanto pada 9 Agustus 2020 lalu.

“Dalam video itu diperlihatkan skutik yang akan dikonversi memakai motor listrik tak hanya diubah sumber tenaga penggeraknya saja, tetapi juga dilakukan kustomisasi agar tampilannya lebih futuristis,” ujar Putu dalam keterangan tertulis.

Sebagai informasi, proyek konversi skutik memang melibatkan modifikator-modifikator lokal, termasuk di antaranya modifikator otomotif ternama Katros Garage dan Alitt Susanto. Secara teknis, skutik yang bakal dibangun mengambil basis skutik konvensional kompak  yang dijual di pasaran.

Baca Juga: Begini jurus Selamat Sempurna (SMSM) minimalisir imbas pandemi terhadap kinerja

Skutik yang dikonversi nantinya akan dilengkapi seperangkat komponen custom mulai dari suspensi depan belakang, bodi, hingga drive train atau motor penggerak untuk menggantikan mesin bahan bakar konvensional, sementara bagian frame atau sasis utama akan tetap dipertahankan sebagaimana semula.

Skutik listrik yang dibangun akan dibekali baterai berkapasitas 60 Volt 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18.650 mAh. Dengan spesifikasi baterai yang demikian, skuter listrik diharapkan bakal memiliki tarikan yang lebih responsif.

Untuk sekali pengisian, baterai tersebut diperkirakan mampu menempuh jarak 90-100 km. Usia pemakaian baterainya diperkirakan mencapai 6 tahun. Proses pengisian daya baterai dari kondisi kosong hingga penuh memakan waktu hingga 4,5 jam. Pengisian baterai dapat berhenti secara otomatis ketika sudah penuh, sebab skutik listrik yang dibangun juga dilengkapi dengan fitur autocut.

Project Director IMX, Andre Mulyadi mengungkapkan, pihaknya merasa bangga bisa bekerja sama dengan Kemenperin untuk memfasilitasi proyek konversi skutik.

Baca Juga: Urus pajak kendaraan 5 tahunan ada biaya tambahan, berikut rinciannya

“Sebagai sebuah expo modifikasi terbesar di Indonesia, kami beruntung diberi kesempatan, karena dapat menyumbangkan ide da edukasi kepada masyarakat soal penggarapan skutik listrik, juga ditunjuk sebagai tempat di-launching-nya skuter  listrik ini,” tutur Andre.

Untuk diketahui, rencananya skuter listrik custom akan menjadi salah satu  hadiah undian giveaway dalam gelaran IMX 2020 yang dihelat secara online pada 10 Oktober mendatang. Kupon undian untuk memperoleh kesempatan mendapatkan giveaway dapat diperoleh dengan membeli tiket pada www.imx2020.net. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×