kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PAL Indonesia berhasil modernisasi KRI Malahayati-362


Jumat, 02 Oktober 2020 / 22:32 WIB
PAL Indonesia berhasil modernisasi KRI Malahayati-362
Penyerahan operasional KRI Malahayati-362 kepada TNI AL di PT PAL Indonesia.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan modernisasi  KRI Malahayati-362 sesuai kontrak melalui program Mid Life Modernization (MLM). Seiring dengan hal ini, Kementerian Pertahanan secara resmi melakukan penyerahan operasional l KRI Malahayati-362 kepada TNI AL di PT PAL Indonesia (Persero) pada Jumat, 02 Oktober 2020.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh menjelaskan bahwa MLM merupakan tahap modernisasi pada kapal yang sudah mencapai batas umur yang ditentukan. 

“Dalam tahap modernisasi tersebut instrumen baik platform, sensor dan senjata,serta performa kapal ditingkatkan sehingga dapat maksimal menjalankan tugas operasional TNI AL,” ujar Budiman seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Jumat (2/10).

Jelasnya, modernisasi yang dilakukan dalam program MLM mencakup peremajaan ship platform, modernisasi CPP & Sensor-Senjata, penggantian propulsi CODOG menjadi CODAD, diesel generator, dan pembaharuan CMS. Selain itu, dalam program ini PAL Indonesia juga memberikan pelatihan kepada pengawak kapal TNI Angkatan Laut dalam pengoperasian dan pemeliharaan tingkat organik.

Seluruh pengerjaan modernisasi  KRI Malahayati-362  telah lulus Verifikasi 1, Verifikasi 2 dan Verifikasi 3 (uji fungsi), Uji Kelaikan atau Harbour Acceptance Test (HAT), dan Sea Acceptance Test (SAT) yang dilakukan bersama oleh PT PAL Indonesia (Persero), Satgas MLM KRI Malahayati-362 dan Puslaik Kementerian Pertahanan yang dibantu oleh Satlaikmattim sesuai ketentuan dalam kontrak. 

KRI Malahayati-362 juga telah mendapatkan Sertifikat Laik Laut Militer dari Puslaik Kementerian Pertahanan dan Certificate of Final Acceptance (COFA) dari Baranahan Kementerian Pertahanan. “Setelah melaksanakan program MLM, KRI Malahayati-362 mampu melaksanakan fungsi peperangan laut modern dan estimasi operasional selama 15 tahun ke depan,” ujar Budiman.

Baca Juga: Peluang pendanaan di sektor manufaktur masih moncer

Mewakili  Kabaranahan Kementerian Pertahanan, Kapuskod Baranahan Kementerian Pertahanan Laksma TNI Yos Sumiarsa menyampaikan bahwa pihaknya berterimakasih kepada PT PAL Indonesia (Persero) atas keberhasilan Program MLM KRI Malahayati-362.

Hadir di acara yang sama, Asisten Logistik (Aslog) KASAL Laksda TNI. Mulyanto dalam sambutannya menyatakan apresiasi terhadap PT PAL Indonesia (Persero) yang mampu menyelesaikan program MLM, meski  di saat Pandemi Covid-19. 

Sementara itu, Budiman mengucapkan terima kasih atas kepercayaaan dan dukungan yang selalu diberikan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan TNI AL kepada PT PAL Indonesia (Persero) baik dalam pembangunan maupun pemeliharaan dan perbaikan kapal perang.

Sebagai informasi, KRI Malahayati-362 merupakan korvet kelas Fatahilah yang dibuat oleh galangan kapal Wilton-Fijenoord di Belanda dan masuk dalam operasional TNI AL pada tahun 1980, memiliki panjang 83,85 meter dan berat 1484 ton. Setelah menjalani modernisasi melaui program MLM, i KRI Malahayati-362 akan diproyeksikan akan memperkuat jajaran armada di Komando Armada (Koarmada) 3 di Sorong, Papua.

Selanjutnya: Kaji peluang kerja sama, Kementerian Pertahanan Jepang kunjungi PT PAL Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×