kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Pandemi virus corona (Covid-19) mempercepat transformasi digital


Selasa, 21 Juli 2020 / 21:19 WIB
Pandemi virus corona (Covid-19) mempercepat transformasi digital
ILUSTRASI. Pandemi Covid-19 percepat transformasi digital. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat. Menurut Global Web Index, terdapat lebih dari 76% pengguna Internet berusia 16 – 64 tahun yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet.

Country Director ADA in Indonesia Faradi Bachri banyak yang menyikapi perubahan perilaku konsumen ini sebagai kelesuan dalam bisnis. “Sebetulnya, konsumen tidak hilang. Mereka hanya beralih ke digital platform yang memungkinkan mereka untuk tetap beraktivitas dan bersoialisasi di tengah situasi pendemi,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Selasa (21/7).

Selain beralih ke digital platform, situasi pandemi juga membuat masyarakat menahan konsumsinya. Pengeluaran terfokus pada kebutuhan harian, sementara sisanya disimpan atau ditabung. Masyarakat menunggu saat yang tepat untuk melakukan pengeluaran di luar kebutuhan harian.

Baca Juga: Zoom membuka pusat teknologi di Bengaluru India

Belanja Iklan Digital di Tengah Pandemi

Menurutnya, umumnya bisnis bereaksi dengan cara menahan semua pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas pemasarannya. Perusahaan memilih menyimpan atau mengalihkan dana untuk digunakan pada situasi darurat sehingga, aktivitas pemasaran diprediksi menurun pada masa pandemi.

Namun, ada beberapa perusahaan yang justru mampu memanfaatkan situasi ini untuk tetap melakukan komunikasi pemasaran melalui digital platform. Ia memaparkan adanya pertumbuhan belanja iklan digital yang signifikan pada bulan Januari hingga Juni 2020 dibandingkan dengan tahun lalu. "Pertumbuhan tersebut mencapai 25% dengan puncak aktivitas belanja iklan pada bulan Juni," lanjutnya.

Naiknya belanja iklan digital secara signifikan, memperlihatkan bahwa pemain bisnis menanggapi kondisi ini dan beradaptasi dengan cepat. Perusahaan juga menyesuaikan pengelolaan pesan dan pendekatan kreatif agar relevan dengan situasi yang dihadapi konsumen, serta platform komunikasi yang digunakan yakni secara digital.

Selain penggunaan digital platform, pada tahap ini pemanfaatan data memegang peranan yang sangat penting. Karenanya, ia menilai jika proses pengolahan dan analisis data dilakukan dengan benar, maka bisnis atau perusahaan akan mendapatkan pengetahuan yang nantinya dapat diolah menjadi sebuah solusi yang tepat sasaran untuk konsumen.

Baca Juga: Berikut panduan menggunakan Google Classroom untuk guru

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×