Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), distributor tunggal Daihatsu di Indonesia, semakin agresif dalam melakukan pengembangan dan perluasan jaringan pelayanan. AI-DSO secara resmi hari ini membuka tiga outlet penjualan baru sekaligus.
Chief Executive Officer (CEO) AI-DSO, Suparno Djasmin, menuturkan, ketiga gerai baru ini merupakan bagian dari target pembangunan 30 outlet baru yang akan dikembangkan sampai dengan tahun 2014. "Kami bersyukur karena dapat membuka outlet yang diharapkan dapat memperluas jaringan pelayanan Daihatsu dan meningkatkan kualitas pelayanan after sales service," ungkapnya dalam rilis yang diterima KONTAN, Senin (27/2).
Ketiga outlet baru Daihatsuitu berada di tiga kota yaitu di Pekanbaru, Lampung, dan Tangerang. Dus, dengan peresmian itu maka jumlah outlet Daihatsu hingga akhir tahun 2012 ditargetkan bisa mencapai 189 outlet, untuk tahun 2011 Daihatsu memiliki 181 outlet yang berlokasi di seluruh wilayah Indonesia.
Peresmian outlet baru Daihatsu ini tentunya untuk mendukung target penjualan PT Astra Daihatsu Motor pada tahun ini yang mencapai 166.000 unit atau naik 18,9% dari penjualan tahun 2011 sebesar 139.544 unit. Dari target total penjualan tahun ini kontribusi penjualan Xenia sebesar 50% dan untuk Gran Max sebesar 30%.
Asal tahu saja, Selama tahun 2011 penjualan Xenia mencapai 66.835 unit tumbuh 1,4% dari penjualan tahun 2010 sebesar 65.901 unit. Gran Max pada tahun 2011 mencapai angka penjualan total sebesar 40.767 unit naik 38,7% dari total penjualan tahun 2010 sebesar 29.378 unit.
Sementara itu Amelia Tjandra Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, mengatakan, pembangunan satu unit gerai membutuhkan investasi sekitar Rp 26 miliar. "Nilai investasi ini sangat tergantung pada lokasi outlet, karena harga tanah yang berbeda antar lokasi," ungkap dia.
Selain Daihatsu, PT Mazda Motor Indonesia juga akan menambah sembilan outlet baru. Dengan tambahan itu, total outlet Mazda mencapai 37 gerai atau meningkat 32% daripada jumlah outlet tahun 2011 yang sebanyak 28 unit.
Beberapa waktu lalu, Keizo Okue, Presiden Direktur Mazda Indonesia, menuturkan, Jakarta menjadi prioritas pendirian outlet baru. Alasannya, Jakarta memiliki pasar yang paling besar bagi penjualan mobil Mazda.
Keizo menyatakan, penambahan jaringan outlet, pengembangan after sales service, dan inovasi beberapa produk baru Mazda tahun ini bertujuan mendorong peningkatan penjualan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Mazda berharap, penambahan outlet baru ini bisa mendongkrak penjualan 12.000 unit tahun ini atau naik 33% daripada total penjualan tahun 2011 sebesar 9.056 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News