kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar cerah, 2011 Foton bakal produksi pick up


Kamis, 26 Agustus 2010 / 08:22 WIB


Reporter: Gloria Haraito |

JAKARTA. Pertumbuhan pasar mobil heavy truck yang signifikan ini diyakini akan berlanjut hingga akhir tahun. Prospek cerah ini menyebabkan PT Indobuana Autoraya, ATPM Foton Heavy Truck berniat memproduksi pick up Foton Loader BJ 1028 tahun depan.

Saat ini, Indobuana baru mengimpor complete build-up unit (CBU) pick up Loader dari China. Oktober nanti, Indobuana akan mengimpor model tersebut dalam bentuk completely knock down (CKD) alias siap rakit. Indobuana akan merakit Loader di PT National Assemblers yang masih terafiliasi dalam Grup Indomobil.

"Kami sudah persiapkan model ini dari tahun lalu, namun kami melakukan penambahan desain sehingga baru kami luncurkan tahun ini dan kami melihat pasarnya bagus," ujar Manajer Umum Purna Jual Indobuana, M Andrew Hartono B.

Penambahan ini bisa terlihat pada dashboard, dumper, pintu, interior, jendela atas, sampai kipas di ruangan dalam. Truk ini dibanderol seharga Rp 105 juta on the road Jakarta.

Sekadar catatan, sepanjang Januari-Juli, mencatat total penjualan heavy truck Foton mencapai 93 unit. Khusus di bulan Juli, penjualan heavy truck Foton mencapai rekor 49 unit. Hingga akhir tahun nanti, Foton optimistik penjualan Loader tahun ini bisa mencapai 200 unit. Bila impor CKD sudah berjalan mulus, tahun depan Indobuana menargetkan penjualan Loader bisa mencapai 200 unit per bulan.

Sementara untuk total penjualan Foton, Indobuana mematok target 1.000 unit. Sejak pertama kali memasarkan tahun 2008, populasi Foton besutan Indobuana sudah mencapai 1.200 unit. Andrew pede target ini bisa tercapai mengingat bisnis pertambangan dan perkebunan memang tengah merekah.

Sebagai pemanis, Indobuana juga menawarkan garansi dua tahun atau 50.000 kilometer (km). "Ada pula jaminan ketersediaan suku cadang selama 2x24 jam untuk penjualan truk Foton model tertentu di pulau Jawa," lanjut Andrew.

Selain pick up Loader, Indobuana juga akan mengejar target ini lewat penjualan dua model baru lain yakni BJ 1039 dan BJ 1059. Truk BJ 1039 merupakan truk empat ban yang dibanderol seharga Rp 137,5 juta on the road Jakarta. Sementara BJ 1059 merupakan truk enam ban yang dilego seharga Rp 172,5 juta on the road Jakarta. Kedua model yang sudah soft launching ini direncanakan resmi meluncur menjelang akhir tahun nanti.

Andrew bilang, ketiga model baru ini akan mendukung berbagai sektor bisnis di Indonesia. Berbagai bisnis yang bisa ditopang menggunakan truk Foton antara lain distribusi, ekspedisi, serta angkutan material.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×