kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar e-commerce, Shopee unggul dalam kunjungan pelanggan


Jumat, 08 Oktober 2021 / 20:10 WIB
Pasar e-commerce, Shopee unggul dalam kunjungan pelanggan
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online Shopee


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama masa pandemi Covid-19 perilaku konsumen berubah. Khususnya dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Keterbatasan untuk melakukan transaksi secara tatap muka membuat masyarakat lebih banyak berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui e-commerce. 

Hal tersebut secara tidak langsung membuat bisnis e-commerce meningkat signifikan. Tak hanya itu, peta persaingan bisnis e-commerce menjadi semakin kompetitif. Ketatnya persaingan tergambar melalui angka kunjungan ke situs web dan pengguna aplikasi e-commerce di Indonesia.  

Menukil data yang didapat dari situs analisis digital iPrice, pada kuartal II 2021, situs web Tokopedia memiliki rata-rata 147,79 juta pengunjung per bulan. Sementara, urutan ke-2 diisi oleh Shopee dengan jumlah kunjungan situs web sebanyak 126,99 juta per bulan.

Baca Juga: Persaingan semakin ketat, pemain dompet digital siapkan strategi

Bukalapak menyusul pada posisi ke-3 dengan 29,46 juta pengunjung situs web dalam periode yang sama.  Persaingan juga terlihat melalui kunjungan pengguna ke aplikasi masing-masing e-commerce. 

Sebagai informasi, menurut data GlobalWebIndex (GWI) pada kuartal III 2020, 78,2 persen pengguna internet yang berusia 16-64 tahun memanfaatkan aplikasi belanja online melalui ponsel atau tablet untuk bertransaksi di e-commerce. Sementara itu, kunjungan ke situs web hanya berkisar 22 persen.

Merujuk data yang dirilis SimilarWeb pada September 2021, diketahui bahwa aplikasi Shopee Indonesia paling sering dikunjungi dibandingkan aplikasi e-commerce lain, seperti Tokopedia dan Lazada. 

Per Agustus 2021, Shopee berhasil meraih 26,92 juta unique daily activers users (DAU) atau pengguna aplikasi aktif harian yang mengakses dari perangkat mobile Android di Indonesia.

Pada Agustus 2021 rata-rata unique DAU Shopee Indonesia dalam platform SimilarWeb tersebut setara dengan jumlah rata-rata kunjungan bulanan, yaitu 834,52 juta kunjungan.

Baca Juga: Grab-Ovo Mencari Investor Baru Pengganti Tokopedia




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×