kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   -2.000   -0,13%
  • USD/IDR 15.875   5,00   0,03%
  • IDX 7.314   118,54   1,65%
  • KOMPAS100 1.121   16,95   1,53%
  • LQ45 892   14,50   1,65%
  • ISSI 223   2,40   1,09%
  • IDX30 459   10,01   2,23%
  • IDXHIDIV20 553   13,38   2,48%
  • IDX80 129   1,38   1,09%
  • IDXV30 137   2,73   2,03%
  • IDXQ30 152   3,22   2,16%

Pasar motor sport 250 cc kian panas


Jumat, 04 November 2016 / 11:25 WIB
Pasar motor sport 250 cc kian panas


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Dupla Kartini

KARAWANG. Persaingan pasar sepeda motor sport bermesin 250 cc semakin panas. PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi ikut mengambil ceruk pasar ini, dengan merilis all new Honda CBR250RR bermesin 250 cc. Sepeda motor baru ini melengkapi varian Honda yang selama ini belum bermain di mesin 250 cc.

Presiden Direktur  PT AHM Toshiyuki Inuma bilang, peluncuran all new CBR 250 RR memanfaatkan peluang pasar motor sport yang berpotensi tumbuh di Indonesia. "Di Jepang trennya turun, di Indonesia  berpotensi naik," kata Toshiyuki, Kamis (3/11).

Meski baru diluncurkan, AHM mengklaim telah mendapatkan pesanan 2.700 unit. Untuk konsumen di Indonesia, Toshiyuki membuat dua tipe, yakni STD (standar) dan tipe ABS dengan harga antara Rp 62,9 juta - Rp 68,9 juta.

Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya menambahkan, saat ini, AHM belum mematok target penjualan ataupun market share produk anyar tersebut. Namun dari sisi produksi, AHM mampu memproduksi 20.000 unit -22.000 unit per tahun dengan kandungan lokal di atas 60%. “Kami belum berpikir ekspor dan fokus jual di domestik,” kata Margono.

Tak mau kalah dengan AHM, kompetitor dari PT Kawasaki Motor Indonesia juga mempersiapkan sepeda motor anyar bermesin 250 cc. Ada dua produk Kawasaki yang dalam tahap pendaftaran di Kementerian Perindustrian, yakni LE250C dan LE250B.

Sayang, Michael Chandra Tanadhi, Deputi Departemen Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia enggan membeberkan lebih jauh  produk baru tersebut. Sejatinya, di segmen mesin 250 cc, Kawasaki telah memiliki Ninja 250. Selain itu ada juga di segmen trail yaitu Kawasaki KLX  250 cc.

Michael mengklaim, di segmen trail, Kawasaki terbilang sebagai penguasa pasar dengan pangsa pasar 70%. “Sejak promosi lewat film, penjualan sepeda KLX naik,” kata Michael saat dihubungi KONTAN, Kamis (3/11).

Sementara PT Yamaha Indonesian Motor Manufacturing (YIMM) masih fokus dengan produk andalannya di kelas 250 cc, yaitu Yamaha R25 dan MT25.

Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM, bilang, penjualan R25 dari Januari - September 2016 tercatat 4.637 unit dan ekspor 23.640 unit. Sedangkan MT25 terjual 1.858 unit dan ekspor 10.600 unit. “Dua produk ini masih andalan kami di kelas 250 cc,” kata Masykur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×