kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelatihan Keterampilan Dapat Bantu Industri Dapatkan Tenaga Kerja Berkualitas


Senin, 20 Februari 2023 / 20:56 WIB
Pelatihan Keterampilan Dapat Bantu Industri Dapatkan Tenaga Kerja Berkualitas
ILUSTRASI. Tumpukan surat lamaran para pelamar kerja saat acara Job Fair di Metropolis Town Square, Tangerang, Banten, Kamis (26/7/2018).Pelatihan Keterampilan Dapat Bantu Industri Dapatkan Tenaga Kerja Berkualitas.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat pengangguran Indonesia mencapai 5,83% atau sekitar 208,54 juta pada Februari 2022. Dari jumlah tersebut 14% merupakan lulusan diploma dan sarjana. Sementara pasar tenaga kerja terus berkembang. 

Hal ini mengindikasikan adanya ketidaksesuaian kebutuhan industri dengan kualitas angkatan kerja yang ada hari ini. Akibatnya terjadi kesenjangan keahlian yang membuat angka pengangguran di Indonesia terus meningkat. 

CEO Arkademi Hilman Fajrian mengatakan, pihaknya optimistis dapat mempersempit kesenjangan keahlian melalui kursus online bersertifikat. 

Menurutnyua, saat ini usia angkatan kerja dituntut untuk memiliki keahlian yang sesuai tren pasar kerja yang membutuhkan keahlian yang seringkali tidak kita temukan di pendidikan formal. 

Baca Juga: Menimbang Kecerdasan Buatan di Hape Kita

"Pelatihan online di Arkademi hadir untuk membantu para tenaga kerja meningkatkan kompetensinya dan membuktikan keahlian yang dimiliki melalui sertifikat pelatihan yang kredibel untuk meyakinkan para pemberi kerja,” ujar Hilman dalam keterangannya, Senin (20/2).

Hilman melanjutkan, dalam penyediaan kursus online, Arkademi menyesuaikan kurikulum dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) serta rujukan okupansi agar ilmu yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan.

Adapun rujukan okupansi yang dimaksud adalah kurikulum berdasarkan Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020, Critical Occupation List (COL) 2018, The Future of Jobs Report 2020 World Economic Forum dan Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020.

Guna terus menyempurnakan layanan kursus online untuk pengguna maupun menjadi penyedia alumni berkualitas, Arkademi juga memiliki lisensi sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) RI nomor 05/D/HK.02.06/2022.

Baca Juga: Kemenperin dan Kemnaker Tingkatkan Pembinaan SDM Industri di Bidang K3

Memiliki lebih dari 500 kursus online, Arkademi yang berada di bawah payung PT Arkademi Daya Indonesia, telah dipercaya 2 juta pengguna dan menjadi mitra resmi pemerintah dalam program kartu Prakerja dalam menyediakan kursus online sejak tahun 2020. 

Daily Social melaporkan bahwa Arkademi adalah platform pendidikan vokasi online paling populer nomor 2 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×