kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo I akan modernisasi pelabuhan Tanjung Balai Asahan tahun depan


Rabu, 14 November 2018 / 17:47 WIB
Pelindo I akan modernisasi pelabuhan Tanjung Balai Asahan tahun depan
ILUSTRASI. GERBANG TOL LAUT SUMATERA


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Guna meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I akan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi Terminal Penumpang Teluk Nibung Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Aulia Rahman Hasibuan, General Manager Pelabuhan Tanjung Balai Asahan mengatakan bahwa pelindo 1 telah melakukan penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan sejak tahun 2017.

"Saat ini progress pembangunannya sudah selesai dan sedang dalam proses pembuatan interior, harapannya tahun depan sudah terealisasi” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (14/11).

Menurutnya, terminal penumpang Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan saat ini terdiri dari dua lantai dengan kapasitas mampu menampung sekitar 800 orang. "Di lantai 1 untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, ruang karantina serta Lantai 2 untuk ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop," ujarnya.

Nantinya di pelabuhan ini juga akan dilengkapi dengan Teluk Nibung Food Court yang akan menyediakan berbagai macam makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Selain itu, tambah Aulia hingga Oktober 2018 arus penumpang yang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang, Perak mencapai 52.028 orang.

“Harapannya dengan penataan terminal penumpang ini bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan sehingga juga semakin meningkatkan arus penumpang di pelabuhan ini," ujarnya.

Ke depannya, Perseroan juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan terminal penumpang baru ke market potensial dan juga akan meningkatkan kualitas layanan terminal melalui penataan ruangan pengaturan parkir. Dengan begitu, diharapkan Terminal Penumpang ini untuk bisa menjadi icon baru Kota Tanjung Balai Asahan dan meningkatkan pariwisata di Sumatera Utara.

Sementara Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1 menambahkan bahwa penataan terminal penumpang menjadi salah satu fokus Pelindo 1 untuk memberikan layanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut.

Selain Terminal Penumpang, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan ini juga memiliki fasilitas gudang dan lapangan penumpukan yang melayani cargo dengan kegiatan utama ekspor sayuran dan ikan tujuan Malaysia.

Adapun beberapa Terminal Penumpang yang sudah dimodernisasi di antaramya Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Sibolga, dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×