kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AP II siap bangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta


Jumat, 24 Januari 2020 / 14:28 WIB
AP II siap bangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta
ILUSTRASI. Pelindo II segera bangun Terminal 4


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) akan fokus mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk mengatasi permasalahan kelebihan kapasitas atau over capacity penumpang. 

Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus menyelesaikan proses revitalisasi Terminal 1, Terminal 2, dan juga pembangunan Terminal 4. Apabila seluruh proyek tersebut rampung, Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan mampu menampung hingga 110 juta pergerakan penumpang per tahun. 

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan AP II antara lain mempercepat proses revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2. 

"Dengan revitalisasi Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 yang sudah eksis dan ditambah Terminal 4, kami ada kemampuan total 105 sampai 110 juta penumpang (per tahun)," kata dia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/1). 

Baca Juga: Gandeng Kemenlu, Bea Cukai Soekarno-Hatta tingkatkan pengawasan udara

Pria yang akrab disapa Awal itu menjelaskan, dengan di revitalisasinya Terminal 1 dan Terminal 2, masing-masing terminal akan mampu menampung 20 juta pergerakan penumpang per tahunnya. Proyek revitalisasi ini ditargetkan rampung pada Maret 2021. 

"Terminal 2 progresnya sudah 40% dan Terminal 1 sekitar 35%. Untuk Terminal 2 selesai Desember ini, sementara Terminal 1 Maret 2021," kata Awal. 

Sementara untuk Terminal 4 diproyeksikan mampu menampung sekitar 40 juta-45 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya. Terminal anyar ini yang akan dibangun di atas lahan seluas 102 hektar ini, rencananya baru akan beroperasi secara penuh pada 2023. 

"Terminal 4 akan kami maksimalkan jadi gedung terminal terbesar di Indonesia, bisa menghandle 40 juta-45 juta (penumpang) setahun," ujarnya. Maka, dengan Terminal 3 yang saat ini mampu menampung 25 juta pergerakan penumpang per tahunnya, Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan mampu menampung 110 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya. 

Baca Juga: Jokowi resmikan runway 3 Bandara Soekarno Hatta

Awal menekankan, percepatan penyelesaian proyek revitalisasi dan pembangunan terminal menjadi penting untuk mengatasi masalah over capacity bandara. Sampai saat ini Bandara Soekarno-Hatta hanya mampu menampung 43 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya. 

Padahal, sepanjang tahun lalu saja jumlah penumpang yang lalu di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 66 juta penumpang. "Artinya ada shortage 23 juta. Bagaimana dengan 5 tahun ke depan?" pungkas Awal. (Rully R. Ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bangun Terminal 4, Bandara Soetta Siap Tampung 110 Juta Penumpang Per Tahun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×