kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo III bangun terminal penumpang di Maumere


Jumat, 23 Desember 2016 / 09:35 WIB
Pelindo III bangun terminal penumpang di Maumere


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Yudho Winarto

MAUMERE. Pelindo III melakukan groundbreaking terminal penumpang di Pelabuhan L.Say Maumere, Jumat (23/12).

Direktur Utama Pelindo III Prias Petrus Moedak mengatakan pembangunan terminal baru ini diperkirakan bakal memperlancar kegiatan embarkasi dan penumpang kapal laut. Selain itu juga akan meningkatkan pariwisata melalui kunjungan kapal pesiar.

Menurut Orias, pelabuhan Pelindo III tak hanya melayani kapal-kapal niaga yang menghubungkan kawasan barat dan timur Indonesia, namun juga banyak destinasi wisata yang menarik kunjungan kapal pesiar manca negara.

Pasalnya, Pulau Flores merupakan daerah yang memiliki potensi destinasi pariwisata menarik. Selain Labuan Bajo yang telah menjadi destinasi wisata, Orias memprediksi keindahan alam Maumere juga akan menjadi destinasi wisata baru di Pulau Flores.

"Pelabuhan-pelabuhan yang berada di wilayah kerja Pelindo III secara geografis memiliki potensi kemaritiman dan pariwisata," ujar Orias, Maumere.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menambahkan peran pelabuhan sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran transportasi di kawasan ini. Sebab, Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi kepulauan yang membutuhkan transportasi laut sebagai mobilisasi warga dari satu pulau ke pulau lainnya.

"Sehingga pembangunan terminal penumpang akan meningkatkan pelayanan jasa kepada masyarakat khususnya pengguna pelabuhan," kata dia.

Terminal penumpang yang akan dibangun memiliki desain perpaduan bentuk adaptasi kapal layar dan rumah adat NTT. Terminal itu dibangun di area dengan luas lahan sekitar 6038 meter persegi dengan luas bangunan 2526 meter persegi yang terdiri daei dua lantai.

Di mana, lantai satu seluas 1800 meter persegi, lantai dua sekitar 726 meter persegi dan ketinggian bangunan 26 meter dengan kapasitas 1000 orang.

Pembangunan ini merupakan yang pertama dari rencana pembangunan 11 terminal baru di kawasan Timur Indonesia. Selain Maumere, Pelindo III juga akan membangun terminal penumpang di Tenau Kupang, Lembar, Sampit, Kumai, Batulicin, Bima, Waingapu, Ende, Kalabahi dan Ippi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×