kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo Jasa Maritim Gandeng Johor Port Teken Kerja Sama Perkuat Layanan Maritim


Sabtu, 05 Agustus 2023 / 20:41 WIB
Pelindo Jasa Maritim Gandeng Johor Port Teken Kerja Sama Perkuat Layanan Maritim
ILUSTRASI. Subholding Pelindo, SPJM Gandeng Johor Port Teken Kerja Sama Perkuat Layanan Marine


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) bagian dari Subholding Pelindo bekerja sama dengan Johor Port Berhad untuk meningkatkan sektor maritim serta mengukuhkan hubungan baik kedua pihak dalam Head of Agreement (HoA).

Adapun, HoA memiliki tujuan yaitu sebagai pedoman dan persiapan dalam rencana Kerja Sama di bidang Kemaritiman dengan tetap mengedepankan prinsip profesionalisme, Tata Kelola Perusahaan yang baik dan harus sesuai dengan ketentuan Hukum, peraturan dan prosedur yang berlaku.

Dalam perjanjian tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani dan melaksanakan Perjanjian Induk dalam ruang lingkup yang meliputi Pelayanan pengembangan SDM untuk meningkatkan potensi yang ada khususnya bidang kemaritiman, Pelaksanaan kerja sama pelayanan pada bidang Marine, Equipment dan Port Services (MEPS) dan Pelaksanaan kerja sama pengembangan pemasaran bidang Marine, Equipment, Port Services (MEPS).

Baca Juga: Pelindo Jasa Maritim Catat Kinerja Penundaan Kapal Meningkat 124,26%

Johor Port melalui Johor Port Skill Centre (JPSC) akan menyediakan layanan kepada pelabuhan pelatihan sektor marine untuk meningkatkan potensi dan kapasitas sumber daya pandu yang dimiliki oleh SPJM. Pihak Johor Port Berhad kepada PT Pelindo Jasa Maritim meliputi penyediaan tempat pelatihan, praktik pelatihan dan kompetensi lainnya.

Direktur SDM Rachmat Prayogi yang hadir mewakili Direksi SPJM mengatakan, berkomitmen untuk melakukan pengembangan bisnis global dan membuka diri untuk dapat bekerja sama dengan prinsip yang saling menguntungkan.

"Salah satu upaya untuk mewujudkan itu adalah melalui peningkatan kompetensi SDM yang berstandar dunia khususnya  terkait keselamatan navigasi dan dan layanan pemanduan laut dalam," kata Rachmat dalam siaran pers, Jumat (4/8).

Saat ini, SPJM memiliki 247 orang untuk melayani pemanduaan di wilayah Barat Sumatera dan wilayah timur Indonesia. Sampai dengan akhir tahun ini akan mengelola layanan Pandu di seluruh Indonesia dengan kekuatan pandu kurang lebih 600 orang.

Baca Juga: Kinerja Operasional SubHolding Pelindo Jasa Maritim Tumbuh Positif

Dalam hal skill pelayanan pandu laut Dalam, SPJM memiliki 58 orang pandu dengan skill level 1 yang tentunya akan membutuhkan skill refreshment dan peningkatan pengalaman pemanduan di laut dalam secara berkesinambungan.

Sementara itu, Md. Derick dari Johor Port Bhd menuturkan, kerja sama ini merupakan lembaran baharu dalam hubungan maritim antara kedua-dua negara dan juga percaya  dengan memanfaatkan kekuatan kolektif bersama.

"Kami mewujudkan sinergi yang akan memberi manfaat kepada seluruh komunitas maritim.” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×