kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo Solusi Logistik Optimalkan Layanan Intermoda di Sumatera Utara


Rabu, 01 Februari 2023 / 12:07 WIB
Pelindo Solusi Logistik Optimalkan Layanan Intermoda di Sumatera Utara
ILUSTRASI. PT Pelindo Solusi Logistik terus lakukan upaya korporasi dalam mendukung efisiensi logistik


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menghadapi tantangan situasi ekonomi global di tahun 2023, PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL yang merupakan salah satu Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus lakukan upaya korporasi dalam mendukung efisiensi logistik melalui optimalisasi layanan integrasi multimodal.

Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara kini terhubung dengan Tol Trans Sumatra dan jalur kereta api, sehingga memiliki akses dengan pusat-pusat perekonomian, seperti Kuala Tanjung Industrial Estate dan KEK Sei Mangkei.

Sejalan dengan itu, untuk semakin meningkatkan efisiensi dan kelancaran distribusi logistik, SPSL juga telah memberikan layanan integrasi multimoda di Kawasan Sumatera Utara melalui jalur Sei Mangkei – Belawan, Sei Mangkei – Kuala Tanjung dan Kuala Tanjung – Belawan.

Baca Juga: Optimalkan Layanan, Pelindo Awali Tahun Tuntaskan Inbreng Saham

Saat ini, SPSL juga sedang melakukan eksplorasi untuk pengembangan integrasi multimoda dimaksud pada lokasi-lokasi lainnya, seperti pada Pelabuhan Tanjung Priok – Tanjung Mas.

Direktur Utama SPSL Joko Noerhudha mengatakan, integrasi multimoda ini akan memperlancar arus barang menuju dan keluar dari pelabuhan melalui penyediaan beberapa akses alternatif, sehingga dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas jalan serta meningkatkan reliabilitas dan keamanan dalam pendistribusian barang.

"Selain itu, layanan integrasi multimoda ini juga dapat mempromosikan upaya penggunaan moda transportasi yang lebih ramah lingkungan melalui pemakaian emisi karbon yang lebih rendah,” kata dia dalam siaran pers di situs Pelindo, Selasa (31/1).

Menurut International Monetary Fund (IMF), pada tahun 2023, sepertiga dari kekuatan ekonomi dunia atau 43% dari negara-negara yang ada akan mengalami resesi ekonomis. Berdasarkan hal tersebut dan sejalan dengan instruksi pemerintah, SPSL terus optimistis dan selalu menjaga kewaspadaan serta tetap menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Pelindo Solusi Logistik Terus Berekspansi di Bidang Logistik dan Hinterland Pelabuhan

SPSL akan terus melakukan berbagai upaya untuk berpartisipasi dalam menjaga ekonomi Indonesia dari ancaman yang terjadi di sisi global, baik karena kenaikan harga akibat inflasi maupun pelemahan ekonomi dari negara-negara lain.

“Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh tantangan. Dengan melakukan sinergi dan kolaborasi, SPSL akan terus berupaya untuk mewujudkan efisiensi logistik nasional, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing nasional hingga ke kancah global,” tutup Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×