kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pelni catatkan kenaikan volume kontainer hingga 300% di semester I-2020


Jumat, 03 Juli 2020 / 13:29 WIB
Pelni catatkan kenaikan volume kontainer hingga 300% di semester I-2020
ILUSTRASI. Bongkar muat kontainer Pelni.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atawa Pelni mencatat, adanya kenaikan pada volume muatan kontainer yang diangkut dengan kapal barang sepanjang semester I-2020. Bahkan, dalam enam bulan pertama itu, kenaikan volume muatan kontainer hampir 300% dibandingkan periode yang sama tahun 2019. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, pada semester pertama lalu, kapal barang telah mengangkut muatan kontainer sebesar 2.869 TEUs.

"Dibandingkan dengan semester I-2019, kinerja pada kapal barang naik nyaris 300% atau naik dari 941 TEUs di semester 1-2019 menjadi 2.869 TEUs di semester pertama lalu," kata dia dalam siaran resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (3/7).

Baca Juga: Meski ada wabah corona, enam kapal ternak tetap beroperasi

Sebagai informasi, sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan, Pelini mendapatkan delapan trayek penugasan dalam penyelenggaraan angkutan barang di tahun 2020.

Dari delapan trayek tersebut, terdapat tiga trayek yang padat muatan, yakni trayek T-10 yang dioperasikan oleh KM Logistik Nusantara 6 (Tg. Perak - Tidore - Galela - Buli - Maba - Weda - Tg. Perak), trayek T-15 yang dioperasikan oleh KM Logistik Nusantara 3 (Tg. Perak - Makassar - Jailolo - Morotai (Daruba) - Tg. Perak), serta trayek H-1 yang dioperasikan oleh KM Logistik Nusantara 1 (Tg. Perak - Makassar - Tahuna - Tg. Perak).

"Ketiga trayek tersebut membawa total muatan sebesar 1.819 TEUs, atau berkontribusi sebesar 63,40% dari total muatan," ungkap Yahya.

Adapun 5 trayek lainnya masih memiliki potensi untuk menambah muatan, seperti trayek T-5 ( Bitung - Tahuna - Tagulandang/ulu siau - Lirung/Melangoane - Miangas - Marore - Tahuna - Bitung), T-13 (Tg. Perak - Rote - Sabu (Biu) - Tg. Perak), T-14 (Tg. Perak - Lembata (Lewoleba) - Tabilota/Larantuka - Tg. Perak), T-3 (Tg. Priok - Jemaja/Letung - Tarempa - Midai - Selatlampa - Serasan - Tg. Priok), serta trayek T-18 ( Tg. Perak - Badas - Bima - Merauke (Kelapa Lima) - Bima - Tg. Perak).



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×