kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45947,15   -9,97   -1.04%
  • EMAS977.000 -1,21%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Pemegang Saham Indika Energy (INDY) Restui Divestasi Saham Petrosea (PTRO)


Jumat, 20 Mei 2022 / 14:24 WIB
Pemegang Saham Indika Energy (INDY) Restui Divestasi Saham Petrosea (PTRO)
ILUSTRASI. PT Petrosea Tbk PTRO


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) merestui transaksi penjualan saham di anak perusahaannya, PT Petrosea Tbk (PTRO) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Jumat (20/5), di Jakarta. 

“Indika menyetujui rencana transaksi penjualan saham di anak perusahaan yaitu Petrseoa yang akan dilakukan oleh perseroan,” ujar Vice President Director & Group CEO of PT Indika Energy, Azis Armand dalam paparan publik di Jakarta, Jumat (20/5). 

Sebagai informasi, INDY akan menjual seluruh 704.014.200 lembar saham yang mewakili 69,80% kepemilikan saham di Petrosea kepada pembeli, dalam hal ini adalah PT Caraka Reksa Optima. 

Kedua belah pihak telah menandatangani suatu perjanjian jual beli saham bersyarat pada tanggal 18 Februari 2022 dengan tanggal efektif pada 25 Februari 2022.

Baca Juga: Rambah Bisnis Olesan dan Susu Coklat, ROTI Akan Minta Persetujuan Pemegang Saham

Direktur dan Group Chief Portfolio Officer Indika Energy, Kamen Palatov mengatakan, keputusan melepas Petrsoea merupakan salah satu arahan strategi untuk diversifikasi batubara. “Diproyeksikan transaksi ini akan selesai pada akhir Juni 2022,” jelasnya dalam kesempatan yang sama. 

Valuasi yang disepakati untuk seluruh saham ditempatkan dan disetor PTRO adalah setara dengan jumlah rupiah dari US$ 210 juta. 

Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan perjanjian jual beli saham bersyarat, harga pembelian yang harus dibayar oleh Caraka Reksa kepada INDY adalah 69,80% dari valuasi tersebut, yaitu nilai yang setara dalam mata uang Rupiah dari US$ 146,58 juta.

Sesuai dengan ketentuan perjanjian jual beli saham, pembelian akan dibayarkan dalam dua termin. Pertama, uang muka sebesar US$ 2,50 juta yang telah dibayarkan pada tanggal 25 Februari 2022 dengan menggunakan kurs Rp 14.355 per dolar AS.

Kedua, sisa harga pembelian sebesar US$ 144,08 juta akan dibayarkan dalam mata uang Rupiah yang dikonversi dengan nilai tukar sebagaimana tercantum dalam Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) yang diumumkan oleh Bank Indonesia, pada tanggal yang jatuh pada  dua hari kerja sebelum tanggal pembayaran. 

Baca Juga: Enseval Putera Megatrading (EPMT) Bidik Pertumbuhan Kinerja Positif Tahun Ini

Tanggal pembayaran ditentukan setelah terpenuhinya persyaratan-persyaratan pendahuluan.

Dengan adanya transaksi ini, manfaat dan keuntungan yang diperoleh Indika ialah, penghematan belanja modal di dalam grup dengan berkurangan porsi belanja Petrosea yang direncanakan untuk penggantian armada alat berat milik Petrosea. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×