kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilu dan Ramadan Berpotensi Mendorong Kinerja Bisnis AMDK pada Tahun 2024


Senin, 08 Januari 2024 / 19:21 WIB
Pemilu dan Ramadan Berpotensi Mendorong Kinerja Bisnis AMDK pada Tahun 2024
ILUSTRASI. PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) dianggap tetap menjanjikan memasuki tahun politik di Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) Rachmat Hidayat menyampaikan, tahun 2024 bakal menjadi tahun yang penuh dinamika lantaran adanya Pemilu serentak di seluruh Indonesia.

Perhelatan Pemilu tentu berpotensi menambah permintaan produk AMDK seiring banyaknya acara yang berkaitan dengan pengumpulan massa, baik itu kampanye, diskusi, hingga debat. Potensi itu tentu bisa dicapai dengan catatan Pemilu berjalan lancar dan kondusif.

Menariknya, waktu pelaksanaan Pemilu 2024 cukup berdekatan dengan Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini tentu dapat menjadi peluang besar yang perlu dimaksimalkan oleh para pelaku usaha AMDK Tanah Air.

“Pengalaman kami tiap tahun, periode Ramadan dan Lebaran cukup berdampak pada penambahan permintaan produk makanan dan minuman, termasuk AMDK,” ujar Rachmat, Senin (8/1).

Baca Juga: Bos Hyundai Ungkap Fokus Utama Perusahaan dalam Mengarungi Tahun 2024

Dari situ, Aspadin berharap pertumbuhan kinerja penjualan industri AMDK nasional dapat di atas 5% pada 2024. Sebagai pengingat, tahun 2023 lalu Aspadin memperkirakan kinerja industri AMDK berada di kisaran 5%.

Sementara itu, Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin tidak bisa membeberkan rencana dan proyeksi bisnis AMDK Danone-AQUA sepanjang tahun ini. 

Terlepas dari itu, Danone-AQUA berharap momen penting bagi industri AMDK seperti Pemilu dan Ramadan berjalan lancar. Begitu pula dengan kondisi ekonomi Indonesia diharapkan tetap stabil saat tahun politik.

"Danone siap memenuhi semua kebutuhan air minum yang diperlukan masyarakat," kata dia, Senin (8/1).

Mengutip situs resminya, Danone Indonesia memiliki 26 pabrik di berbagai daerah Indonesia dan mempekerjakan lebih dari 13.000 orang. Danone menjual AMDK merek Aqua di Indonesia dalam bentuk gelas atau cup, botol, hingga galon.

Baca Juga: Gencar Ekspansi, Pabrik AMDK CLEO Sudah Beroperasi di IKN

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) optimistis dapat memenuhi target pertumbuhan penjualan dan laba bersih dobel digit di tiap tahun, tidak terkecuali 2024. Optimisme tersebut didukung oleh aktifnya entitas Tanobel Group ini dalam ekspansi bisnis.

Terbaru, CLEO telah mengoperasikan pabrik air minum di IKN Nusantara pada akhir 2023. Lokasi pabrik ini berjarak 40 menit dari titik nol IKN. Selain IKN, pabrik ini dapat melayani kebutuhan air minum masyarakat hingga Samarinda dan Balikpapan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×